Perkembangan Teknologi

Shopaholic, Nanti Bisa Belanja & Bayar Langsung di Instagram

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
19 March 2019 20:07
Shopaholic, Nanti Bisa Belanja & Bayar Langsung di Instagram
Jakarta, CNBC Indonesia - Berbelanja online melalui instagram bisa bakal semakin mudah dilakukan. Sebab pengguna tidak perlu keluar dari aplikasi untuk memproses barang yang ingin dibeli.

CNet melaporkan, mulai Selasa (19/3/2019) Instagram sedang menguji fitur yang disebut checkout yang memungkinkan pengguna membeli produk tanpa meninggalkan aplikasi. Itu berarti pengguna Instagram tidak harus melalui langkah ekstra mengunjungi situs belanja dan memasukkan informasi pembayaran mereka di sana.

Instagram sedang menguji fitur ini di AS, pengguna dapat membeli produk dari 20 lebih merek termasuk Adidas, H&M, Zara, Warby Parker, Revolve, Uniqlo dan MAC Cosmetics.


Ini merupakan langkah terbaru dari Instagram dalam memonetisasi bisnis selain menjadi tempat berbagi foto bagi 1 miliar pengguna.


"Checkout hanyalah salah satu bagian dari investasi jangka panjang kami dalam berbelanja," kata Instagram dalam sebuah posting blog. "Kami sangat senang memperkenalkan lebih banyak cara bagi pengguna untuk menikmati belanja di Instagram."

Untuk membeli produk melalui Instagram, pengguna mengetuk "product tag" di foto lalu muncul opsi "Checkout di Instagram." Pengguna kemudian memasukkan informasi kontak, alamat dan informasi pembayaran mereka untuk membeli produk. Informasi itu akan disimpan di Instagram untuk pembelian berikutnya dan pengguna mengelola pesanan mereka melalui aplikasi berbagi foto.

Fitur baru ini juga memberikan Instagram, yang menghasilkan uang dari iklan, cara lain untuk mendapatkan pemasukan. Selama pengujian fitur checkout, perusahaan memungut biaya penjualan kepada brand untuk membantu mendanai fitur checkout dan mengimbangi biaya pemrosesan kartu kredit dan biaya lainnya. Instagram juga dapat menggunakan riwayat belanja seseorang untuk menampilkan lebih banyak iklan yang ditargetkan.

Instagram bermitra dengan PayPal untuk memproses pembayaran dan informasi disimpan di server yang aman. Instagram tidak membagikan informasi pembayaran pengguna dengan pengguna lain atau informasi kartu kredit dan debit dengan penjual.

Fitur checkout akan tersedia di aplikasi Instagram untuk iPhone dan Android, tetapi saat ini tidak ada di desktop.

Simak video 10 aplikasi paling populer terlaris 2018 di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading