Perkembangan Teknologi

Facebook Down 14 Jam Lebih, Terlama Sepanjang Sejarah?

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
14 March 2019 - 15:12
Facebook Down 14 Jam Lebih, Terlama Sepanjang Sejarah?
Jakarta, CNBC Indonesia - Anda masih kesulitan untuk mengakses Facebook? Jika iya, Anda tidak sendiri karena banyak pengguna lain yang mengeluhkan kesulitan mengakses Facebook.

Facebook mengalami gangguan (down) mulai Rabu pukul 09.00 waktu Pacific Time (PT). Situs pelacak Down Detecter menghitung Facebook mengalami error lebih dari 14 jam, CNet melaporkan seperti dikutip CNBC Indonesia, Kamis (14/3/2019).


Facebook tidak menjelaskan alasan kenapa beberapa pengguna kesulitan mengakses media sosial paling populer ini. Namun, Facebook mengkonfirmasi dan menyatakan akan menyelesaikan masalah ini secepatnya.


Instagram juga down selama berjam-jam, dimulai pada waktu yang bersamaan. Namun, akun Twitter resmi Instagram mengumumkan platform sudah bisa diakses.

Error pada Facebook dirasakan beberapa pengguna di AS, Eropa, Amerika Selatan, Australia, dan Asia, menurut peta Down Detector. Pengguna WhatsApp milik Facebook juga melaporkan mengalami masalah dalam mengirim foto di aplikasi.

Perusahaan realitas virtual Oculus, yang dimiliki oleh Facebook, juga melaporkan para penggunanya mengalami kesulitan mengakses dan menggunakan platformnya. Facebook, yang menghasilkan uang dari bisnis iklan, juga mengalami masalah dengan iklannya.

Ini adalah kali pertama dalam tahun ini Facebook sulit diakses. Pada bulan November, jejaring sosial itu mengalami hal yang sama karena uji coba yang dijalankan perusahaan. Pengguna kesulitan mengakses Facebook selama 40 menit. Pada bulan yang sama, Facebook dan Instagram down selama berjam-jam.

Kasus Facebook down kali ini menjadi yang terlama dalam sejarah Facebook. Kasus yang sama, Facebook down dalam jangka waktu lama terjadi pada 2008 tetapi tidak selama saat ini. Kala itu Facebook memiliki 125 juta pengguna.

Saksikan video Facebook, Instagram, dan WhatsApp down di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading