Internasional

World Wide Web Berusia 30 Tahun, Apa Kata Penemunya?

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
13 March 2019 11:50
World Wide Web Berusia 30 Tahun, Apa Kata Penemunya?
Jakarta, CNBC Indonesia - Para pengguna internet pasti familiar dengan World Wide Web (WWW). Kemarin, 12 Maret 2019, WWW sudah berusia 30 tahun atau tiga dekade. World Wide Web ditemukan oleh ilmuwan komputer Inggris Sir Tim Berners-Lee, ia pun dijuluki sebagai perintis internet.

Mengutip CNBC International, awalnya Berners-Lee mengajukan proposal yang kemudian menjadi World Wide Web kepada bosnya di European Organization for Nuclear Research (CERN). Namun Bosnya, Mike Sendall memberikan umpan balik kurang bersemangat dengan ide revolusioner ini.

"Tidak jelas, tetapi mengasyikkan ..." adalah reaksi tulisan tangan sederhana, dan agak bersahaja yang ditulis Mike Sendall pada proposal Berners-Lee.


Syukurlah, Sendall menyetujui proposal Berners-Lee dan, setahun kemudian, Sendall memberi izin Berners-Lee untuk membeli komputer NeXT berkinerja tinggi (dibangun oleh Steve Jobs, setelah ia meninggalkan Apple, dan dirancang untuk pekerjaan teknis dan ilmiah) yang akan menjadi server web pertama di dunia.

Berners-Lee telah mengirimkan idenya dalam sebuah makalah berjudul "Information Management: Proposal," di mana ia berpendapat untuk menciptakan sistem manajemen informasi yang ia gambarkan sebagai "database hiperteks besar dengan tautan yang diketikkan."

Idenya adalah untuk menawarkan akses universal untuk menggunakan internet yang baru lahir, tidak hanya untuk berkomunikasi, tetapi untuk menyimpan dan mengakses banyak dokumen dan data online.

World Wide Web Berusia 30 Tahun, Apa Kata Penemunya?Foto: REUTERS/Simon Dawson

Sementara internet itu sendiri sudah ada pada tahun 1989 - dalam bentuk jaringan besar komputer yang terhubung - proposal Berners-Lee sekarang dikreditkan sebagai langkah pertama menuju World Wide Web seperti yang kita kenal sekarang.

"Web" (seperti yang sekarang biasa disebut) mengacu pada cara menavigasi internet dengan mengklik hypertext untuk mengunjungi situs web dan mengakses berbagai jenis data online.

Berners-Lee membangun situs web pertama di dunia pada tahun 1991, menggunakan komputer NeXT yang sama untuk membuat halaman yang hanya berjudul "World Wide Web," yang menampilkan tautan ke halaman tambahan dengan informasi tentang dirinya, tim ilmuwan, dan sejarah proyek mereka, di antaranya hal-hal lain.

Namun pada ulang tahun ke-30 dari www, Berners-Lee malah khawatir dan sedih melihat perkembangan internet. Dalam surat terbukanya pada Senin (11/3/2019), Berners-Lee mengatakan web tidak lagi menjadi "kekuatan untuk kebaikan" dan menjabarkan tiga "sumber disfungsi" di internet modern.

Ketiga hal tersebut termasuk perilaku online berbahaya seperti peretasan dan intimidasi online, serta kegiatan perburuan pendapatan melalui iklan online yang bisa membuat penyebaran informasi yang salah dan eksploitasi informasi pribadi pengguna.

Simak video perkembangan teknologi terkait jaringan 5G di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading