Startup

Rudiantara Pede Bakal Ada Decacorn 'Made In RI'

Fintech - Iswari Anggit, CNBC Indonesia
11 March 2019 - 11:08
Rudiantara Pede Bakal Ada Decacorn 'Made In RI'
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara optimistis Indonesia akan memiliki startup decacorn. Decacorn adalah julukan bagi startup yang bervaluasi di atas US$10 miliar.

"Sekarang jumlah unicorn ada 4 startup, satu atau dua di antaranya saya percaya akan jadi decacorn," ujar Rudiantara dalam acara Regional Invesment Forum di Tanggerang, Senin (11/3/2019).


Rudiantara mengatakan untuk meningkatkan startup bervaluasi besar pemerintah telah jadi mak comblaing antara perusahaan venture capital dengan startup yang membutuhkan.


"Tahun lalu 2 kali yang disebut next indonesia unicorn di Bali. 70 global venture capital hadir waktu itu di Bali.  Kita juga buat startup agar masuk ke standar internasional. Indonesia menarik perhatian, lebih baik dari 4-5 tahun lalu," jelas Rudiantara.

Asal tahu saja, ada empat startup unicorn di Indonesia. Yakni, Tokopedia bervaluasi US$7 miliar, Go-Jek bervaluasi US$9,5 miliar, Bukalapak bervaluasi US$1 miliar dan Traveloka bervaluasi US$2 miliar.

Jokowi Minta Ada Decacorn 'Made In RI', Ini Kata MenkominfoFoto: Infografis/Grab Resmi Manjadi Decacorn/Edward Ricardo

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan nantinya akan bermunculan perusahaan berkelas decacorn di Indonesia, setelah empat unicorn besar bermarkas di dalam negeri. Bahkan menurut Jokowi tak lama lagi akan kembali muncul satu unicorn lagi di negara ini.

"Karena kita lihat mungkin akan muncul lagi satu lagi sebentar lagi. Mestinya kalau sudah masuk ke unicorn ya pengen punya decacorn, kita ini kan negara besar, kalau punya unicorn semakin banyak decacorn semakin banyak ya baik kan untuk negara," kata dia di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (10/3).

Menurut dia, salah satu pendorong bertumbuhnya perusahaan-perusahaan sekelas unicorn tersebut adalah dengan tersedianya jaringan internet yang mumpuni yang bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia. 



Simak Video : Sri Mulyani Juga Bicara Unicorn
[Gambas:Video CNBC]






(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading