Resmi Jadi Decacorn, Berapa Valuasi Grab?

Fintech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
04 March 2019 15:54
Resmi Jadi Decacorn, Berapa Valuasi Grab?
JAKARTA - Grab Taxi Holdings Resmi menyandang status baru sebagai decacorn. Julukan ini disematkan untuk perusahaan rintisan atau start up yang nilai valuasi di atas US$10 miliar. Pertanyaannya, berapa nilai valuasi Grab Taxi Holdings saat ini?

Techcrunch telah melaporkan valuasi Grab melampaui US$ 11 miliar atau Rp 154 triliun (kurs Rp 14.000) setelah pendanaan putaran terakhir selesai dilakukan. Sementara itu kembaga riset yaitu Trefis memprediksi valuasi Grab mencapai US$ 16 miliar atau setara dengan Rp 224 triliun pada tahun ini.

Bahkan Trefis memperkirakan jika Grab bakal mendulang keuntungan lebih banyak karena pertumbuhan yang signifikan tahun ini. Rata-rata pendapatan kotor Grab untuk setiap perjalanan naik menjadi US$ 3 tahun ini. Angka ini naik dibanding tahun sebelumnya yang sebesar US$2,5. Berkurangnya kompetensi membuat Grab bisa mengurangi diskon. Hasilnya, Grab bisa meraup pendapatan lebih tinggi.


"Grab memberlakukan komisi 20% dari driver dan diharapkan angka ini tetap stabil selama beberapa tahun ke depan," kata Travis seperti dikutip dari Forbes.

Diperkirakan pula, jika Grab bisa mencapai target pendapatan bersih US$2 miliar tahun ini, angka itu akan melambung menjadi US$ 16 miliar. Artinya angka itu naik hingga tujuh kali lipat.

Grab memang akan terus fokus pada pertumbuhan dan tujuan yang ambisius. Hasil akhirnya jelas, menjadi "everyday super apps". Perusahaan melakukan diversifikasi ke berbagai bidang seperti toko bahan makanan online, pengiriman makanan dan financial technology.

Bahkan, Grab baru-baru ini juga melebarkan sayap turut andil dalam proyek pariwisata. Bekerjasama dengan Otoritas Pariwisata Thailand, Grab Taxi (Thailand) memiliki tujuan untuk memajukan wisata di negeri gajah putih tersebut.

Saksikan video Bos Grab Buka-bukaan Rencana Bisnis

[Gambas:Video CNBC] (dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading