Transaksi GoPay Tahun Lalu Rp 89 T, Bank Besar Berapa?

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
21 February 2019 - 12:49
Transaksi GoPay Tahun Lalu Rp 89 T, Bank Besar Berapa?
Jakarta, CNBC Indonesia - Perbankan mmang harus mengantisipasi agresifnya perusahaan fintech dalam sistem pembayaran. Bila tidak bisnis bank bisa tergerus karena fee transaksi bisa beralih ke perusahan fintech.

Berdasarkan Survey AlphaWise dari Morgan Stanley GoPay merupakan fintech sistem pembayaran yang banyak digunakan masyarakat Indonesia saat ini. Pada 2017 GoPay telah menangani 50 jua transaksi per bulan atau 1,6 juta per hari.


Nilai ini setara dengan 19% transaksi digital BCA, 135% transaksi digital BNI dan 35% dari transaksi digital Bank Mandiri. Transaksi digital ini termasuk transaksi mobile dan internet banking.


"Dibandingkan e-money Bank Mandiri dan BNI, transaksi harian GoPay dari sisi volume mencapai 98% transaksi harian e-money Bank Mandiri dan 27 kali transaksi e-money BNI di 2017," ujar riset Morgan Stanley yang ditulis Mulya Chandra dan Yulinda Hartanto, seperti dikutip Kamis (21/2/2019).

Menurut Morgan Stanley, tahun lalu transaksi GoPay mencapai Rp 89 triliun. Adapun Bank Mandiri hanya Rp 13,35 triliun, Bank BNI Rp 880 miliar dan BCA hanya Rp 4,04 triliun.

Transaksi GoPay pun bisa bertambah besar lagi bila strategi offline dengan menerapkan pembayaran QR Code berjalan dengan mulus. GoPay menjadi salah satu fintech yang mendapat izin transaksi QR Code dari Bank Indonesia (BI).

Saksikan video tentang ketatnya persaingan bisnis dompet digital di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading