Startup

Strategi Baru Gojek Masuk ke Filipina, Caplok Fintech Lokal

Fintech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
18 January 2019 17:59
Strategi Baru Gojek Masuk ke Filipina, Caplok Fintech Lokal
Jakarta, CNBC Indonesia - Startup berbagi tumpangan (ride-hailing) Gojek mengumumkan telah mengakuisisi perusahaan dompet digital Coins.ph tetapi tidak menyebutkan nilai akuisisi tersebut.

Dalam keterangan resmi Gojek, platform sistem pembayaran Go-Pay akan bekerja sama dengan Coin.ph dalam skema pembayaran non tunai. Coins.ph adalah startup yang memberikan layanan yang memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual mata uang digital (cryptocurrency) dan melakukan pembayaran digital.




"Pengumuman hari ini menandai dimulainya komitmen jangka panjang kami di Filipina dan kelanjutan misi kami untuk menggunakan teknologi untuk meningkatkan kehidupan sehari-hari dan menciptakan dampak sosial yang positif," kata Nadiem Makarim, pendiri dan CEO Go-Jek, Rappler melaporkan, Jumat (18/1/2019).

Pengumuman investasi itu dirilis setelah Philippines regulator Land Transportation Franchising and Regulatory Board menolak rencana Gojek masuk Filipina dengan alasan kepemilikan asing. Gojek masih bisa ajukan banding atas keputusan ini.

Strategi Baru Gojek Masuk ke Filipina, Caplok Fintech LokalFoto: Infografis/Gojek vs grab di Asia Tenggara/Aristya Rahadian Krisabella

Dalam penelitian yang terbaru yang dilakukan Google mengenai internet di Asia Tenggara mengatakan adopsi layanan pembayaran digital di Filipina cukup rendah, cuma 21%. Transaksi internet baru menyumbang 1,6% pada produk domestik bruto sehingga menjadi pasar yang cukup menjanjikan.

Coins.ph mengatakan saat ini mereka memiliki lebih dari 5 juta pelanggan yang teregistrasi dalam 5 tahun beroperasi, memproses lebih dari 6 juta transaksi per bulan.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading