Cryptocurrency

Bitcoin Anjlok, Ini Fakta Koin Digital yang Perlu Dipahami

Fintech - Wangi Sinintya, CNBC Indonesia
24 November 2018 18:41
Jakarta, CNBC Indonesia - Bitcoin mungkin merupakan bentuk mata uang digital paling populer tetapi bukan satu-satunya. Faktanya, sekitar 1.500 cryptocurrency lainnya telah muncul sejak penciptaan bitcoin pada tahun 2009 dan mereka berbentuk koin dan token.

Pertumbuhan pesat jumlah cryptocurrency dikarenakan kurangnya peraturan atau pengawasan yang ketat yang membuat setiap pendatang baru bisa menawarkan kion digital.

Investor dan trader menghargai tinggi cryptocurrency karena tidak diatur oleh bank sentral dan anonimitas yang memberikan kebebasan bertransaksi dan pendukung nilai-nilai privasi.


Meskipun awalnya digunakan untuk transaksi terlarang, kini beberapa transaksi resmi sudah adopsi cryptocurrency secara luas. Bahkan perusahaan seperti Overstock dan Starbucks telah mulai bereksperimen dengan cara membiarkan pelanggan menggunakannya untuk berbelanja.

Namun berinvestasi dalam cryptocurrency beresiko tinggi. Harganya bisa anjlok hanya dalam hitungan detik. Bila akhir tahun lalu harganya sempat menyentuh US$20.000 per koin. Sekarang berada di kisaran US$4.200 per

Koin vs Token

Pertama, Anda harus mengetahui perbedaan antara koin dan token. Koin pada dasarnya adalah uang virtual yang digunakan untuk berbagai jenis transaksi. Mereka dibeli dan dijual melalui berbagai bursa penukaran termasuk di Coinbase, bitbuy.ca, dan Binance. Transaksi bitcoin pertama yang tercatat adalah untuk dua pizza.

Token mewakili aset atau apa pun yang memiliki nilai yang dianggap berasal dari itu. Misalnya, token dapat digunakan untuk mewakili hal-hal seperti kepemilikan karya seni atau jumlah hadiah yang diberikan pelanggan dalam program loyalitas perusahaan. Mereka berdua memiliki nilai dan mengandalkan teknologi blockchain, buku digital transaksi yang tidak dapat dihapus. Tetapi koin adalah uang virtual dan token tidak.
 
[Gambas:Video CNBC]
(roy/roy)
1 dari 3 Halaman
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading