Perkembangan Teknologi

Jeff Bezos Mulai Jual Tiket ke Luar Angkasa, Harganya Berapa?

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
13 July 2018 10:58
Jeff Bezos Mulai Jual Tiket ke Luar Angkasa, Harganya Berapa?
Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan roket milik Jeff Bezos berencana mengenakan tarif US$200.000 (Rp 2,84 miliar) hingga US$300.000 (Rp 4,29 miliar) untuk penumpang pertama ke luar angkasa, dua sumber yang akrab dengan rencana itu mengungkapkannya kepada Reuters, Kamis (12/7/2018).

Pelanggan potensial dan industri kedirgantaraan telah lama mencari tahun harga tiket kendaraan ruang angkasa New Shepard Blue Origin. Rencananya penerbangan komersial pertama akan dilakukan tahun 2019.

Perusahaan ini telah membuat desain umum kendaraan - yang terdiri dari roket peluncuran dan kapsul penumpang yang dapat dilepas - tetapi telah tak mengungkapkan tentang status produksi dan harga tiket.


Perwakilan Blue Origin tidak menanggapi permintaan komentar tentang program dan strategi penetapan harganya. Jeff Bezos mengatakan harga tiket di bulan Mei belum diputuskan.

Seorang karyawan Blue Origin yang mengetahui betul rencana tersebut menyatakan manajemen menjual tiket seharga US$200.000 - US$300.000. Karyawan kedua mengatakan tiket berharga minimal $ 200.000. Mereka berdua berbicara dengan syarat anonimitas karena strategi harga bersifat rahasia.

The New Shepard dirancang secara mandiri menerbangkan roket dengan enam enam penumpang lebih dari 62 mil (100 km) dari atas Bumi. Kapsul ini memiliki enam jendela observasi yang disebut Blue Origin hampir tiga kali lebih tinggi dari yang ada di pesawat Boeing Co 747.

Blue Origin telah menyelesaikan delapan uji penerbangan dari take-off vertikal dan pendaratan New Shepard dari landasan peluncurannya di Texas, tetapi tidak ada penumpang yang naik. Dua penerbangan sudah termasuk test dummy yang disebut perusahaan "Mannequin Skywalker."

Blue Origin sedang bekerja untuk membuat penerbangan ruang angkasa sipil menjadi ceruk penting dalam ekonomi luar angkasa global, di samping layanan satelit dan proyek eksplorasi pemerintah, sudah bernilai lebih dari US$300 miliar per tahun.

Dalam bisnis ini, Jeff Bazos memiliki pesaing. Yakni, miliuner Richard Branson dan Elon Musk, bos Tesla.

Virgin Galactic dari Richard Branson telah menjual sekitar 650 tiket dalam perjalanan ruang angkasa yang direncanakan sendiri, tetapi belum menetapkan tanggal penerbangan. Perusahaan ini mengenakan biaya US$250.000 per tiket.

SpaceX, didirikan oleh Musk pada tahun 2002, mengatakan tujuan utamanya adalah untuk memungkinkan orang untuk hidup di planet lain.



(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading