Cryptocurrency

Retas 15.000 Komputer Hasilkan Rp 13,7 Juta/4 Hari

Fintech - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
01 March 2018 17:48
Retas 15.000 Komputer Hasilkan Rp 13,7 Juta/4 Hari
Jakarta, CNBC Indonesia - Perangkat berbasis internet yang rentan, mulai dari kamera pengaman sampai ponsel pintar (smartphone) bisa dibajak oleh para peretas (hacker) menjadi alat menambang (mining) Bitcoin Cs. Hal ini diungkapkan oleh Avast, perusahaan keamanan siber.

Avast mendemostrasikannya di Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol pada Rabu (28/2/2018) seperti dilansir dari CNBC International. Avast menunjukkan sejumlah perangkat yang bekerja pada jaringan yang menyalakan perangkat lunak penambangan Bitcoin Cs.

Menambang (mining) merupakan proses memeriksa transaksi di jaringan Bitcoin Cs dengan cara menyelesaikan persoalan matematika yang rumit menggunakan komputer bertenaga tinggi. Bitcoin sangat sulit untuk ditambang tanpa komputer super, tetapi alternatif Bitcoin bernama Monero bisa ditambang hanya dengan jaringan perangkat yang tersambung ke internet.


Avast memang tidak bisa menjaring 15.000 perangkat ke dalam jaringan yang telah diretas, tetapi berdasarkan uji coba yang dilakukan, Avast mengatakan 15.000 perangkat tersebut dibutuhkan untuk menambang US$1.000 (Rp 13,7 juta) dalam empat hari.

Secara teori, serangan di dunia nyata akan dimulai dari para peretas yang mengambil alih jaringan perangkat. Mereka akan menggunakan kombinasi daya komputasi perangkat-perangkat tersebut untuk menambang Monero.

Jumlah US$1.000 terlihat tidak menguntungkan, tetapi ini potensi yang besar karena akan ada lebih dari 20 miliar perangkat yang tersambung ke internet di tahun 2020, menurut proyeksi dari perusahaan riset Gartner. Hal ini berarti jumlah perangkat yang bisa diserang pun semakin banyak. Di tahun 2017 sendiri diperkirakan ada 8,4 miliar perangkat yang tersambung ke internet.

"Keberadaan perangkat ini dikombinasikan dengan fakta bahwa mereka sangat mudah untuk diserang membuat perangkat ini menjadi target yang menarik," kata Ondrej Vlcek, Kepala Teknologi di Avast, kepada CNBC.

Penambangan Bitcoin Cs dan peretasan perangkat internet merupakan dua aktivitas yang trennya terus meningkat. Pada 2016 sebuah serangan pada perangkat yang terkoneksi adalah alasan di balik pembajakan yang menghapuskan sebagian besar akses internet warga negara Amerika Serikat. Korea Utara dituduh mendukung para peretas dan menjalankan kampanye untuk membajak perangkat guna meretas Moreno.

Monero sudah menjadi uang digital (cryptocurrency) favorit para hacker karena diklaim sebagai salah satu koin digital paling anonim yang tersedia. (roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading