Lebih Ketat! Kurasi BRILIANPRENEUR 2022 Pakai Syarat ESG

Entrepreneur - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
02 December 2022 14:35
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menghadirkan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 dengan membawa tema ‘Bring MSME’s Indonesia to The World’ tahun ini. (Dok. Press Conference UMKM BRILIANPRENEUR 2022/Eqqi Syahputra) Foto: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menghadirkan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 dengan membawa tema ‘Bring MSME’s Indonesia to The World’ tahun ini. (Dok. Press Conference UMKM BRILIANPRENEUR 2022/Eqqi Syahputra)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) kembali menghadirkan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 dengan tema 'Bring MSME's Indonesia to The World'. Sejak dilakukan pada 2019, ajang ini menargetkan lebih banyak pelaku UMKM yang siap memperluas pasar ke perdagangan internasional sekaligus masuk rantai pasok global di setiap tahunnya.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan semangat UMKM ini kian meningkat dibanding tahun sebelumnya, dan terlihat dari jumlah peserta meningkat 126%. Kemudian setelah dikurasi terpilihkah 500 UMKM unggulan.

Kurasi UMKM tahun ini menurut Sunarso, tidak hanya diseleksi berdasarkan ide, kreatif,dan kualitas. Namun juga dipilih berdasarkan UMKM yang telah memasukkan kriteria Environmental, Social, and Government (ESG) dalam aspek penjualan yang meliputi proses produksi, pemberdayaan manusia, pengelolaan limbah, dan inklusivitas.

"Mungkin produknya harus ramah lingkungan, bisa didaur ulang, secara sosial melibatkan banyak orang diversity, bahkan kesempatan comply isu gender dan tidak didominasi gender tertentu, hingga disabilitas yang juga diberi kesempatan sama," ujarnya dalam Press Conference UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022, Jumat (2/11/2022).

Selain itu, dalam dukungannya selain memberi kemudahan akses permodalan, BRI juga mengajarkan standardisasi dalam rangka memenuhi standar buyer luar negeri.

Contohnya saja untuk ekspor produk makanan dan minuman di Timur Tengah, BRI melakukan pendampingan UMKM untuk memberi edukasi cara mendapatkan sertifikat halal yang juga bekerja sama dengan institusi yang memiliki kewenangan.

Di kesempatan yang sama, Direktur bisnis Kecil dan Menengah BRI, Amam Sukriyanto mengungkapkan BRI akan semakin memperluas penyediaan pasar dan pembeli untuk para UMKM terpilih di BRILIANPRENEUR tahun ini.

Tahun ini, BRI telah mencatat ada sekitar 40 buyer dari 19 negara yang sudah mendaftar di BRILIANPRENEUR 2022. Angka ini meningkat pesat dibanding tahun lalu yang hanya 32 buyer dari 14 negara.

"Ini bagian dari upaya kami untuk memastikan dan menjangkau lebih luas pasar. Ini yang akan kita lakukan terus," jelasnya.

BRI juga bekerja sama dengan lebih 1.200 lebih bank di seluruh dunia, sehingga UMKM bisa mendapat kesempatan lebih besar mendapat kontrak buyer melalui koresponden bank BRI yang menjembatani transaksi internasional.

Selain itu, pasar UMKM dapat lebih luas jangkauannya karena BRI yang bekerja sama dengan lembaga pemerintah di luar negeri seperti atase perdagangan , ITPC, dan KDEI untuk memastikan mereka menjadi pembuka jalan.

"Kemudian yang menarik bahwa kita beruntung di 2022 Indonesia menggelar Presidensi G20 dan kami bekerja sama dengan Kemenkop UKM diberi kesempatan showcase produk unggulan yg di kreasi oleh UMKM BRI," terang Amam.

Sedangkan untuk target, Amam mengungkapkan target pengunjung dapat menggaet 185 pengunjung di tahun ini. Sedangkan untuk target volume transaksi ditargetkan mencapai US$ 75 deal dari tahun lalu yang mencapai US$72.

Sebagai informasi, UMKM export ini dilaksanakan secara hybrid, yakni online dan offline di JCC pada 1 Desember hingga 31 Desember mendatang. 500 UMKM yang terpilih terdiri dari enam kategori berbeda, yakni Home Decor & Craft, Food & Beverage, Accessories & Beauty, Fashion, Healthcare/Wellness, dan Digital Technology (Startup).

Selain pameran, UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 juga menghadirkan rangkaian acara yang menarik dan bernilai bagi penonton seperti business matching, talk show, artist performance, dan UMKM Awards. Acara ini merupakan bukti nyata komitmen BRI memajukan UMKM Indonesia dan mendukung ekonomi nasional.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pesta Rakyat Simpedes, Pestanya UMKM?


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading