Gokil! Berkat BRILIANPRENEUR, UMKM Ini Bisa Keliling Dunia

Entrepreneur - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
02 December 2022 18:41
BRI Foto: dok BRI

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk senantiasa berkomitmen untuk terus memajukan segmen UMKM untuk dapat menembus pasar global dan menjadi rantai pasok global.

Didorongnya UMKM untuk Go Digital hingga Go Global dibuktikan BRI melalui UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022. Selama 4 tahun berjalan, acara ini terbukti telah banyak membantu UMKM makin teredukasi dan dapat menembus pasar global.

Salah satunya adalah Co-Founder CV gemilang inovasi (Yammy Babeh) Ade Soelistyowati. Dia mengaku menjadi saksi nyata sejak 2019 dimana usahanya yang bergerak di makanan ringan menjadi meningkat dengan mendapatkan 11 buyer internasional.

"2020 ekspor perdana ke Australia di Maret. November juga kurasi ke Kanada. Saat ini Alhamdulillah banyak banget ilmu yang saya dapat dari BRI karena saya alumni RKB BRI, 6 bulan saya latihan," ujarnya dalam Press Conference, Jumat (2/11/2022).

Setelah mendapat buyer internasional, Ade mengaku omsetnya terus bertambah karena saat ini produknya konsisten ekspor ke luar negeri 2 bulan sekali.

Tidak hanya itu, produk Yammy Babe miliknya juga selalu diajak ke pameran luar negeri, seperti ke Meksiko, Hongkong, dan yang terbaru pada Oktober ke Malaysia.

"Saya dapat 5 buyer dari Malaysia. Saat ini saya lagi proses 1 kontainer. Untuk yang Hongkong dapet 3 buyer," terang Ade.

Adapun semua hal tersebut dapat dicapainya juga berkat fasilitas yang diberikan BRI, seperti marketplace dan promo. Untuk diketahui, BRI menyediakan marketplace untuk para UMKM mereka seperti di Padi UMKM milik BUMN, Tokopedia, Shopee, dan Blibli dengan diskon hingga 57%.

Sebagai informasi, BRILIANPRENEUR 2022 dilaksanakan secara hybrid, yakni online dan offline di JCC pada 1 Desember hingga 31 Desember mendatang. 500 UMKM yang terpilih terdiri dari enam kategori berbeda, yakni Home Decor & Craft, Food & Beverage, Accessories & Beauty, Fashion, Healthcare/Wellness, dan Digital Technology (Startup).

Selain pameran, UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 juga menghadirkan rangkaian acara yang menarik dan bernilai bagi penonton seperti business matching, talk show, artist performance, dan UMKM Awards. Acara ini merupakan bukti nyata komitmen BRI memajukan UMKM Indonesia dan mendukung ekonomi nasional.

Sejak tahun 2019, event ini telah menjadi pameran industri khas dan kreatif, yang menampilkan karya-karya UMKM terbaik Indonesia melalui berbagai instalasi seni mempesona. Tahun ini merupakan penyelenggaraan BRILIANPRENEUR edisi keempat yang diharapkan dapat membangkitkan kepercayaan diri UMKM pasca pandemi baik di pasar lokal maupun internasional.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bawa UMKM Naik Kelas, BRI Berdayakan 11 Ribu Klaster


(dpu/dpu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading