Simak 9 Ide Bisnis 17 Agustus, Modal Kecil Dapat Cuan Gede

Entrepreneur - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
15 August 2022 13:20
Pedagang memasang pernak pernik bendera di kawasan Pasar Kramat Jati, Jakarta, Senin (9/8/2021). Pedagang mengeluhkan sepinya pembeli, momentum Hari Kemerdekaan RI seharusnya menjadi ladang rezeki dari menjual pernak pernik hiasan bendera merah putih. 
Sahir (25) menjual pernak-pernik bendera sejak tahun 2013 ini mengatakan Foto: Penjualan Pernak-pernik HUT Kemerdakaan RI (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Hari Ulang Tahun (HUT) RI yang ke-77 sudah di depan mata. Perayaan kemerdekaan Indonesia yang jatuh setiap 17 Agustus memang selalu ditunggu banyak orang. Selain menghadirkan berbagai kegiatan seru, 17 Agustus bisa menjadi ladang bisnis yang berpotensi cuan gede. Bahkan, Anda bisa memulai bisnis tersebut dengan modal kecil.

HUT RI ke-77 kini hadir dengan tema "Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat". Dengan tema yang sudah ditentukan tersebut, Anda sudah bisa memetakan banyak opsi untuk memulai bisnis yang bakal menguntungkan. Jika masih bingung, simak 10 ide bisnis 17 Agustus berikut yang bisa Anda mulai dengan modal kecil untuk dapat cuan gede.


Tema Logo HUT ke-77 RI 2022

Logo HUT ke-77 RI 2022 mengusung tema atau tema besar "Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat". Penentuan tema HUT ke-77 RI 2022 ini punya dasar-dasar yang kuat, khususnya kejadian yang melanda Indonesia dan dunia dalam dua tahun terakhir ketika terjadi pandemi Covid-19.

Meski tengah terpuruk akibat pandemi Covid-19, semua elemen bangsa bergerak bersama dan bergotong royong untuk mewujudkan harapan. Selain itu, semangat gotong royong itu bertujuan untuk mencapai percepatan pemulihan kondisi di semua sektor agar Indonesia siap menghadapi tantangan global.

Oleh karena itu, HUT ke-77 RI 2022 merefleksikan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang mempersatukan Indonesia. Dasar-dasar negara tersebut menuntun bangsa Indonesia untuk bersama pulih lebih cepat agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk siap membawa Indonesia maju.

Ide Bisnis 17 Agustus, Modal Kecil Dapat Cuan Gede

1. Jual Bendera dan Umbul-umbul

Bendera merah putih adalah identitas Indonesia dan momen 17 Agustus menjadi waktu yang tepat untuk mengibarkannya dengan bangga. Jika biasanya bendera merah putih hanya dikibarkan di tiang bendera saat upacara, kini hampir seluruh rumah mengibarkan bendera merah putih untuk merayakan HUT RI.

Beberapa orang pasti sudah punya bendera merah putih karena hampir setiap tahun mengibarkannya di momen 17 Agustus. Namun, menjual bendera tetap menjadi ladang cuan mengingat potensi kusamnya bendera yang dimiliki beberapa orang tersebut. Selain itu, masih banyak orang yang belum punya bendera untuk dikibarkan di rumah atau di lingkungan masyarakat setempat.

Tak hanya bendera, Anda juga bisa menjual umbul-umbul yang merupakan bendera beraneka warna dengan bentuk memanjang ke atas. Umbul-umbul berpotensi dibeli oleh perusahaan, instansi pemerintah, hingga pejabat lingkungan masyarakat setempat untuk merayakan 17 Agustus.

2. Jual Pakaian dan Aksesoris Bertema Kemerdekaan RI

Tema kemerdekaan HUT RI ke-77 sudah diumumkan, yakni "Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat". Menjual pakaian dengan bertema kemerdekaan RI adalah ide bisnis yang cemerlang untuk mendapatkan cuan maksimal. Pasalnya, seluruh lapisan masyarakat pasti ingin berpartisipasi untuk meramaikan HUT RI.

Salah satu cara mudah meramaikan HUT RI adalah dengan membeli pakaian bertema kemerdekaan. Anda juga bisa menjual berbagai aksesoris bertema kemerdekaan RI, seperti jam dinding hingga topi, yang bakal mendatangkan cuan berlimpah.

3. Jual Perlengkapan Lomba 17 Agustus

Perayaan HUT RI identik dengan berbagai lomba, mulai dari panjat pinang hingga makan kerupuk. Nah, Anda bisa menjadikan momen ini sebagai peluang bisnis dengan menjual perlengkapan lomba 17 Agustus. Misalnya, menjual tali rafia untuk lomba makan kerupuk atau karung yang bisa digunakan dalam balap karung.

Jangan lupa untuk cari supplier alias pemasok yang bisa menyediakan barang-barang tersebut dengan harga murah. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari selisih modal yang dikeluarkan dan harga jual setiap perlengkapan lomba 17 Agustus tersebut.

4. Jual Piala atau Medali

Para pemenang lomba 17 Agustus umumnya tidak hanya akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai atau makanan tertentu, tapi juga piala atau medali yang menambah keseruan lomba. Dengan begitu, para peserta lomba bakal lebih semangat untuk menang mengingat hadiah dan gengsi yang dipertaruhkan.

Bagi Anda yang mungkin masih belum cocok dengan ide bisnis sebelumnya, cobalah menjual piala atau medali untuk hadiah lomba 17 Agustus. Jika Anda tidak bisa membuatnya sendiri, coba bekerja sama dengan pengrajin piala atau mencari pemasok yang bisa memberikan harga murah.

5. Jasa Sewa Pakaian Adat dan Tata Rias

Pakaian adat memang tak selalu dipakai setiap saat, melainkan di momen-momen tertentu termasuk HUT RI. Tak jarang, ada lomba fashion show yang mengharuskan pesertanya memakai pakaian adat dari berbagai daerah. Namun, tak semua orang punya pakaian adat, apalagi dari daerah yang bukan asalnya. Oleh karena itu, ide bisnis jasa sewa pakaian adat berpotensi mendapat cuan gede di momen 17 Agustus ini.

Jasa sewa pakaian adat bisa Anda padukan dengan jasa tata rias. Jika langsung menyediakan dua jasa tersebut, calon pelanggan tidak akan ragu untuk memilih jasa Anda dibanding orang lain yang menyediakan jasa terpisah. Pasalnya, pakaian adat tersebut bakal digunakan untuk momen spesial dan perlu riasan yang istimewa.

6. Jasa Desain dan Percetakan

Bagi Anda yang memiliki ilmu di bidang desain dan percetakan, membuka jasa desain dan percetakan bakal mendatangkan cuan gede apalagi di momen besar seperti 17 Agustus. Pasalnya, banyak orang yang butuh desain-desain khusus kemerdekaan untuk merayakan HUT RI.

Jangan khawatir jika Anda tidak bisa desain apalagi punya mesin cetak sendiri. Anda masih bisa mendulang cuan bermodalkan kerja sama dengan percetakan tertentu yang siap memberikan harga miring. Pasalnya, banyak orang yang malas untuk langsung menghubungi percetakan berskala besar.

7. Jasa Dokumentasi

Punya skill motret atau lihai dalam membuat video cinematic? Cobalah untuk menawarkan jasa dokumentasi kepada penyelenggara 17 Agustus, misalnya RT/RW, perusahaan, kampus, instansi pemerintahan, atau komunitas-komunitas tertentu. Jangan lupa siapkan portofolio Anda untuk meyakinkan calon klien.

Dengan kamera dan peralatan lain yang sudah di tangan, Anda bisa mengubahnya menjadi cuan gede. Jika pun tidak punya kamera, Anda bisa saja meminjam kamera milik teman atau kerabat untuk membuka jasa dokumentasi ini. Hal terpenting adalah skill Anda dan tentu harga yang bersaing.

8. Jual Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman adalah kebutuhan pokok setiap orang. Jadi, membuka bisnis kuliner adalah hal yang sudah pasti menguntungkan, apalagi di momen 17 Agustus yang dibanjiri banyak kegiatan. Anda bisa langsung menjajakan makanan dan minuman tersebut di tempat lomba 17 Agustus atau tempat-tempat strategis lain.

Modalnya pun terjangkau karena Anda bisa mulai dengan menjual makanan dan minuman yang disukai banyak orang. Bahkan, menjual es teh atau es jeruk sudah cukup membuat Anda untung besar jika dijajakan di momen yang tepat misalnya ketika panas terik lomba 17 Agustus.

9. Bisnis Mainan

Selain makanan dan minuman, mainan juga bisa menjadi potensi peluang mendatangkan cuan. Sasarannya tentu bukan orang-orang dewasa, tapi anak-anak kecil yang turut menyaksikan lomba 17 Agustus. Selain itu, mainan juga bisa dipilih oleh panitia kemerdekaan RI sebagai hadiah lomba 17 Agustus.

Anda bisa mulai mencari supplier alias pemasok yang menyediakan berbagai mainan menarik dengan harga terjangkau. Setelah itu, carilah tempat-tempat yang banyak didatangi oleh anak-anak. Dengan begitu, mainan yang Anda jual berpotensi laku keras dan cuan gede siap dikantongi dalam sekejap.

Penggunaan Logo HUT ke-77 RI 2022 yang Benar

Bagi Anda yang ingin menjual pakaian dan aksesoris lain bertema kemerdekaan RI, jangan lupa untuk memperhatikan aturan penggunaan logo HUT ke-77 RI 2022. Aturan penggunaan logo HUT ke-77 RI 2022 yang benar menurut Setneg RI adalah logo harus selalu ditampilkan dengan tepat dan konsisten. Selain itu, orientasi, warna, dan komposisi logo harus mengikuti aturan yang tertulis di dalam pedoman logo, tanpa pengecualian.

Itulah penjelasan lengkap mengenai ide 10 bisnis 17 Agustus yang bisa Anda coba. Silakan pilih bisnis yang sesuai dengan kemampuan dan modal Anda. Jangan lupa untuk melakukan analisis bisnis, seperti tempat atau target pasar yang ingin Anda sasar. Semoga bermanfaat dan mendapat cuan gede!


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading