13 Peluang Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Tak Ada Matinya

Entrepreneur - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
19 November 2021 10:37
Tampilan video desain Terbaru Garuda dari Nyoman Nuarta (Seedsmotion dan kunkunvisual via Instagram Nyoman Nuarta)

Jakarta, CNBC Indonesia - Peluang usaha rumahan ternyata banyak memberi untung berkali-kali lipat. Anda bisa bekerja di rumah dan mendapatkan keuntungan sendiri.

Di kondisi ekonomi yang sedang melemah saat ini karena pandemi Covid-19, rasanya semua orang wajib memiliki kemampuan usaha untuk bisa tetap bertahan.

Tidak sedikit orang yang sukses menggarap usaha rumahan. Sudah banyak contoh pebisnis makanan ringan hingga jual jasa yang bisa meraup untung besar-besaran perbulannya.

Peluang Usaha Rumahan yang Gak Ada Matinya

Jika Anda tertarik, banyak sekali usaha rumahan yang bisa Anda pelajari untuk memberikan keuntungan yang menjanjikan.

Tentunya, usaha akan berhasil apabila dijalani dengan sungguh-sungguh dengan prinsip growth mindset.

Walaupun sekedar kerja di rumah, Anda harus terus mengembangkan usaha dengan mengikuti perkembangan zaman agar tidak tertinggal. Ini dia beberapa peluang usaha rumahan yang bisa Anda coba:

1. Jasa Design Grafis dan Kawan-Kawannya

Semakin ke sini, era digital sangat membutuhkan jasa design grafis, video editor, motion grafis dan sejenisnya. Sehingga usaha rumahan dengan menjual keahlian ini akan berkembang pesat dan tentunya memiliki keuntungan yang cukup besar.

Jasa ini sangat dibutuhkan untuk media sosial, membuat desain logo dan kemasan produk hingga kebutuhan marketing penjualan lainnya.

Tidak semua masyarakat bisa menggunakan software editing profesional dan memiliki skill kreatif, jika Anda memiliki potensi di situ, tidak ada salahnya untuk membangun usaha jasa desain sendiri.

2. Jasa Konsultan dan SEO Writer

Punya keahlian dalam menulis artikel? Coba buka usaha rumahan jasa menulis artikel SEO friendly. Jasa ini akan sangat dibutuhkan bagi mereka yang membutuhkan traffic dari mesin pencari seperti Google.

Membuka usaha jasa ini bisa Anda lakukan hanya di rumah saja. Anda bisa mulai belajar mendalami cara menulis artikel sesuai dengan standar SEO untuk meraup keuntungan dari bisnis jasa satu ini.

Apalagi buat Anda yang sudah akrab dan memiliki pengalaman dengan dunia Search Engine Optimization. Jangan sampai membuang kesempatan ini!

3. Laundry Kiloan

Saat ini sudah banyak orang-orang yang lebih menyukai hal-hal yang praktis. Dengan banyaknya kesibukan, orang lebih memilih untuk membeli waktu orang lain agar bisa mengerjakan pekerjaan rumah mereka.

Salah satu pekerjaan rumah yang bisa dijadikan usaha rumahan yang berpotensial adalah mencuci baju. Membuka usaha laundry kiloan bisa menjadi ladang cuan!

Apalagi jika rumah Anda berada di lokasi yang strategis, seperti di sekitar kos-kosan. Bisa dipastikan usaha ini akan memberikan keuntungan yang besar.

4. Youtuber, Tiktoker dan Selebgram

Jangan hanya buka media sosial untuk sekedar melihat konten-konten yang Anda suka. Cobalah untuk membuat konten sendiri dan memaksimalkan manfaat dari media sosial.

Untuk menjadi seorang seleb media sosial tentu Anda harus memikirkan konsep kreatif dan target audiens yang akan diraih.

Jika sudah menemukan keunikan tersendiri dari konten Anda yang memikat banyak penonton, di situ lah peluang keuntungan terbuka lebar.

5. Buka Usaha Catering

Bagi Anda yang hobi masak, jangan buang skill emas itu! Manfaatkan dengan membuka usaha rumahan catering. Usaha ini sangat memiliki potensi keuntungan yang besar.

Sudah terbukti banyak usaha di bidang makanan yang bisa meraup keuntungan banyak. Apalagi dengan bantuan media sosial.

Jasa catering sangat banyak dibutuhkan, mulai dari acara keluarga, rapat kantor, kebutuhan makan siang karyawan, catering diet hingga catering acara pernikahan.

6. Membuka Coffee Shop

Tidak diragukan lagi, bahwa semakin banyak bisnis coffee shop yang berkembang saat ini. Kelompok generasi milenial dan generasi Z biasanya sangat senang untuk mengerjakan kerjaan atau tugas kuliah di coffee shop yang nyaman dan menyediakan akses Wi-Fi.

Coffee shop juga menjadi pilihan tempat untuk berkumpul dan bercengkerama dengan teman-teman. Anda bisa memanfaaatkan kesempatan ini untuk membuahkan pundi-pundi rupiah.

7. Bisnis Online

Teknologi yang semakin canggih membuat kita lebih mudah untuk mengembangkan usaha rumahan yang kita miliki. Contohnya dengan beralih ke bisnis online shop.

Apalagi sekarang sudah didukung dengan banyaknya marketplace yang menjadi penyambung lidah antara pemilik bisnis dan pembeli.

Di dunia online, Anda bisa meraih banyak konsumen lebih luas lagi. Contohnya dengan membuka bisnis online shop di Tokopedia dan Shopee. Ditambah ngenalkan produk menggunakan media sosial.

Bisnis Anda akan cepat berkembang dengan memanfaatkan fitur-fitur teknologi yang ada. Mau bisnis jual baju, jual makanan, jual barang elektronik atau kecantikan dan jenis bisnis lainnya bisa Anda maksimalkan dengan bisnis online.

8. Bisnis Kos-Kosan

Walaupun perlu modal yang tidak sedikit, bisnis kos-kosan bisa menjadi investasi jangka panjang untuk masa tua. Apalagi bagi para pekerja yang tidak memiliki dana pensiun.

Menabung untuk membangun bisnis kos-kosan bisa menjadi peluang passive income yang tidak ada matinya.

9. Jasa Jahit Pakaian

Jangan meremehkan kemampuan menjahit pakaian. Dengan kemampuan ini, Anda bahkan bisa sampai membuka konveksi besar untuk terus mengembangkan potensi bisnis dan meraup keuntungan yang banyak.

Baju merupakan kebutuhan primer yang tentunya akan terus dibutuhkan selama masih hidup. Jadi, berbisnis pada jasa jahit akan memberikan keuntungan jangka panjang.

10. Bisnis Thrift Shop

Semenjak pandemi Covid-19, tren menjual baju second atau thrift shop mulai bermunculan. Tenang saja, baju yang dijual tentunya adalah baju yang masih layak untuk dipakai.

Bisnis ini tidak memerlukan modal besar sehingga akan cocok untuk menjadi pilihan usaha bagi anak muda. Thrift shop banyak bermunculan di media sosial dengan harga baju yang lebih murah.

Beberapa baju yang dijual juga merupakan baju branded yang pastinya akan menarik perhatian konsumen karena harganya yang lebih murah.

11. Bisnis Sembako

Menjual kebutuhan sehari-hari seperti beras, minyak, telur, bumbu dapur dan lain-lainnya tentu memiliki peluang tinggi untuk menghasilkan keuntungan.

Bisnis sembako yang dikelola dengan benar akan menciptakan usaha rumahan yang tidak akan mati. Bagaimana bisa mati? Masyarakat akan selalu membutuhkan sembako di kehidupan sehari-harinya.

12. Top Up dan Jual Akun Game

Sama halnya dengan jual pulsa dan paket, jual akun game dan top up game juga berpotensi memiliki untung yang berkali-kali lipat.

Daripada Anda hanya berfokus main game saja, mending manfaatkan wadah tersebut untuk menjadi ladang cuan.

Contohnya dengan menjual akun game yang sudah dilengkapi dengan karakter level tinggi dan item-item canggih.

Atau membuka usaha top up voucher game online untuk membeli karakter game dengan harga yang bervariatif. Selain jadi gamers, Anda juga akan meraup keuntungan besar dari hobi ini.

13. Jasa Penerjemah

Memiliki kemampuan bahasa asing adalah anugerah yang harus dimanfaatkan secara maksimal. Misalnya dengan menjadi penerjemah.

Jasa penerjemah akan sangat laku di kalangan masyarakat umum, mahasiswa hingga kebutuhan perusahaan untuk menerjemahkan dokumen-dokumen penting sampai ke artikel jurnal.

Memaksimalkan Usaha Rumahan

Agar usaha rumahan Anda meraup keuntungan secara maksimal, banyak hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan bisnis di dalamnya. Antara lain adalah sebagai berikut:

1. Konsisten dan Mau Terus Mencoba

Kata gagal tidak asing lagi bagi para pebisnis apalagi bisnis-bisnis yang sudah besar. Setiap orang pasti mengalami kegagalan untuk menjadi pengalaman di masa depan.

Kunci utama agar usaha rumahan Anda berhasil adalah dengan konsisten untuk terus mencoba dan tidak dihantui dengan rasa kegagalan.

2. Memilih Usaha Rumahan Sesuai dengan Kemampuan

Tentunya untuk memiliki usaha rumahan yang sukses, Anda harus memiliki kemampuan yang matang pada bidang tersebut.

Lagi-lagi akan percuma jika Anda memiliki passion di bidang tertentu tapi Anda tidak memiliki kemauan untuk berkembang dan konsisten.

Namun, memilih usaha rumahan yang sesuai dengan kemampuan bisa memotivasi diri Anda untuk terus menjalani bisnis tersebut.

3. Belajar Mengelola Keuangan

Usaha yang berhasil adalah usaha yang dijalani oleh pelaku bisnis yang bisa mengelola keuangan. Tahu mana uang yang harus menjadi kebutuhan bisnis dan memisahkannya dengan keuangan pribadi.

Tertib dalam mengelola administrasi akan menjadi dorongan untuk menyukseskan usaha rumahan yang Anda jalani.

4. Lakukan Promosi

Walaupun hanya di rumah, Anda tetap harus melakukan promosi produk agar produk dikenal oleh banyak konsumen.

Sudah banyak media sosial yang memiliki fitur promosi iklan seperti Facebook Ads. Hampir setiap media sosial memiliki fitur promosi iklan yang bisa Anda manfaatkan untuk mengenalkan produk Anda ke target konsumen yang tepat.

Itu dia informasi terkait pilihan usaha rumahan yang bisa Anda jalani. Masih banyak usaha rumahan yang bisa Anda jalani sesuai dengan kemampuan atau skill yang Anda miliki.

Pada dasarnya, semua usaha akan sukses apabila pelaku usaha memiliki konsistensi yang tinggi untuk menjalankan usahanya.



(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading