Cerita Sukses Sanken di Indonesia

Entrepreneur - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
05 July 2021 10:45
Sanken. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Sanken Elektronik dibentuk di tahun 1995 dan pada mulanya dimulai hanya dari importir peralatan elektronik saja. Saat itu, peralatan elektronik seperti TV, mesin cuci dan lemari es masih sangat sulit untuk ditemukan baik dari produsen atau importir lainnya.

Perusahaan Sanken elektronik dibentuk guna membantu dan memudahkan konsumen dalam mencari peralatan-peralatan elektronik yang sedang dibutuhkan pada saat itu dan juga ke depannya. Saat ini, Sanken sudah mempunyai fasilitas pabrik dan manufaktur peralatan-peralatan elektronik yang dibutuhkan di dalam negeri.

Dimulai dari beberapa pemangku bisnis dan memulai distribusi di Jakarta saja, kini Sanken sudah bertahap nasional dan tersebar luas dengan lebih dari 20 cabang di Indonesia. Sanken sudah mempunyai hampir 1,000 karyawan yang menjadi pondasi Sanken dalam memberikan produk terbaik dan juga servis terhandal untuk konsumen.


General Manager Sanken, Esmond H. Tirtajasa mengatakan bahwa Sanken bangga menjadi perusahaan elektronik yang senantiasa menemani keberlangsungan aktivitas dan hidup masyarakat di Indonesia selama kurang lebih 26 tahun ini.

"Dimulai dari hal kecil hingga sudah mencapai pangsa pasar secara luas saat ini, kami dapat terus menghadirkan inovasi dari kebanggan atas produk lokal buatan kami untuk dapat didistribusikan ke seluruh penjuru Indonesia secara efektif dan dengan jaminan kualitas yang membanggakan. Dengan lebih dari 20 cabang yang tersebar di Indonesia, kami berinisiatif untuk dapat menjadi produk elektronik terpercaya masyarakat dengan lebih memperluas jangkauan pasar kami untuk berbagai kebutuhan produk elektronik sehari-hari masyarakat di Indonesia," ujarnya Jumat (2/7/2021).

Sebagai perusahaan manufaktur dan distribusi, Sanken tentu harus terlebih dahulu beradaptasi terhadap era digital dan informasi demi membentuk brand image yang dapat dipercaya. Apalagi pada kompetisi pada industri elektronik sendiri, Sanken sebagai perusahaan lokal harus lebih mumpuni dalam menyediakan informasi-informasi baik mengenai perusahaan atau produk secara digital, sehingga Sanken dapat lebih dipercaya walaupun dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan besar lainnya.

Terhadap perkembangan E-commerce yang sangat marak di Indonesia, Sanken ingin memastikan bahwa brand dan produk Sanken tersedia di platform-platform ter-favorite seperti Shopee. Tidak dapat dipungkiri jika Shopee adalah salah satu platform online terbaik yang kini tersedia di era digital ini. Dengan pondasi sistem dan tim yang kuat, Shopee memberikan solusi yang tepat baik terhadap penjual ataupun pembeli dalam proses jual-beli.

Dalam menjawab atau bahkan membentuk permintaan konsumen di dunia digital, Shopee secara giat menawarkan solusi-solusi, mengajarkan, dan menuntun Sanken sehingga dapat berkembang dan menjadi salah satu brand yang berhasill menjawab kebutuhan konsumen-konsumen secara digital. Baik dari sistem hingga tim yang kuat, Sanken sangat terbantu dalam membentuk pondasi digital yang kuat untuk tetap dan terus mampu menawarkan produk-produk elektronik terpercaya melalui Sanken Official Shop yang tersedia di Shopee.

Hadirnya Shopee di Indonesia berhasil menjawab salah satu kebutuhan masyarakat dan menjadi platform jual-beli online yang dapat dipercaya, yang tentunya sejalan dengan komitmen Sanken kepada masyarakat. Sistem operasional dan khususnya penjualan Shopee yang mumpuni untuk berbagai lini bisnis dan layanannya, juga berhasil membuktikan sistem keamanan dan kenyamanan berbelanja online yang baik dan efektif, sehingga ini merupakan wadah yang baik untuk penerapan literasi digital Sanken dengan secara aman dan terpercaya.

Esmond menambahkan, seiring dengan perkembangan teknologi dengan kecenderungan masyarakat Indonesia dalam memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari untuk apapun secara online, Sanken turut beradaptasi dan mengembangkan inovasi Sanken ke penerapan literasi digital untuk sistem penjualan guna memperluas jangkauan pasar secara menyeluruh di Indonesia yang lebih efektif dan aman.

"Melihat begitu banyak kebutuhan secara digital saat ini, kami senang dapat menghadirkan peluang baik secara online melalui hadirnya Sanken Official Shop di platform Shopee Indonesia. Sehingga berbagai kebutuhan atas produk elektronik masyarakat Indonesia dapat dengan aman, mudah, dan efektif didapatkan melalui platform ini, khususnya di keadaan pandemi saat ini yang direkomendasikan untuk tetap beraktivitas produktif dari rumah. Di official shop ini, kami tetap menghadirkan beragam kebutuhan atas kategori elektronik sehari-hari masyarakat dengan kualitas yang dijamin aman dan baik sama seperti yang terdapat di toko-toko penjualan kami di Indonesia, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir atas kualitas tersebut," jelasnya.

Terdapat strategi-strategi pemasaran khusus yang Sanken lakukan di official shop Shopee. Dimulai dari program-program penjualan yang konstan dilakukan agar terus eksis di Shopee, produk-produk spesial khusus bagi pembeli Shopee, live selling, dan lain lain, yang diberikan atas pendampingan untuk menghasilkan solusi terbaik dari penjualan kami bersama dengan Shopee Indonesia.

Sanken terus diberikan kesempatan untuk mengikuti program-program penjualan Shopee yang membantu keberlangsungan dari hal branding dan pemasaran dari Sanken terus berkembang di Shopee.

Salah satunya seperti melalui kampanye tematik Shopee 7.7 Mega Elektronik Sale yang sedang berlangsung saat ini hingga 7 Juli mendatang. Sanken terus memberikan penawaran-penawaran spesial dan berinovasi, baik dari segi varian produk baru hingga program, agar lebih dapat menjawab permintaan-permintaan konsumen dari waktu ke waktu.

Di kampanye Shopee 7.7 Mega Elektronik Sale kali ini, Shopee Indonesia menghadirkan berbagai jenis dan kategori dari alat-alat elektronik yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan sehari-hari masyarakat Indonesia dengan berbagai penawaran menarik yang dihadirkan selama kampanye berlangsung, seperti Cashback 50% di mana Pengguna berkesempatan untuk bisa mendapatkan potongan harga hingga 50% tanpa minimum transaksi dari setiap transaksi barang-barang elektronik yang dibeli oleh pengguna selama kampanye berlangsung.

Kemudian melalui COD Gratis Ongkir Rp0, Pengguna bisa memanfaatkan penawaran gratis ongkir Rp0 untuk setiap pemilihan fasilitas pengiriman secara Cash On Delivery (COD) selama kampanye berlangsung. Selanjutnya dengan Garansi 100% Ori, pengguna secara 100% bisa mendapatkan jaminan terhadap barang elektronik yang dibeli selama kampanye berlangsung.

"Dengan situasi pandemi yang terus berkelanjutan, penetrasi belanja online pun terus meningkat drastis dikarenakan limitasi terhadap pembelanjaan offline. Sanken akan terus berusaha untuk tetap mempertahankan atau bahkan meningkatkan posisi Sanken sebagai brand terpercaya bagi konsumen untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan elektronik di rumah," katanya lagi.

Ke depannya, Sanken menargetkan agar pondasi Sanken di era digital ini dapat lebih diperkuat dan juga diperluas cangkupannya; Official Shop dapat ditemukan di seluruh daerah di Indonesia sehingga Sanken dapat menjawab semua kebutuhan-kebutuhan elektronik bertahap Nasional baik secara offline maupun online.

Terdapat kenaikan yang cukup signifikan selama bergabung di platform Shopee Indonesia. Dengan Shopee, Sanken merasakan dan ikut berpartisipasi dalam perkembangan pesat belanja Online di Indonesia.

"Terima kasih Shopee," pungkasnya.


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading