Modal Rp 200 Ribu, Ibu Ini Jual Sprei Sampai Go Global

Entrepreneur - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
05 June 2021 19:18
Dok: Shopee

Jakarta, CNBC Indonesia - Bermodal Rp 200.000, Maria Tanesia, ibu 2 anak nekat membangun bisnis yang diberi nama "Proven Sprei" di tahun 2008. Maria memulai bisnisnya dengan mencari bahan, mengukur kasur, dan memasangkan sprei seluruh pelanggannya sendiri. Ibunya membantu menjahit sprei pesanan.

Menurut dia, mencari pelanggan dilakukan secara manual dengan memberikan brosur kepada tetangga, sampai akhirnya sprei buatan Maria cukup dikenal dari mulut ke mulut. Setelahnya, Proven Sprei membuka toko pertamanya dengan mempekerjakan satu orang penjahit.

Setelah 8 tahun berjualan offline, Maria akhirnya mencoba peruntungannya dalam berjualan online di Shopee karena ajakan seorang reseller. Tak hanya Shopee, ada beberapa marketplace yang juga turut mengajak untuk bergabung namun pilihan Maria jatuh kepada Shopee. Hal ini karena menurut dia, Shopee memberikan bantuan yang mendalam hingga Maria paham betul bagaimana mengoperasikan tokonya di Shopee.


Berkat bisnis Proven Sprei yang terus berkembang, Maria dapat membuka pintu rezeki untuk banyak orang. Bermula dari satu orang penjahit, bisnis Proven Sprei kini menyentuh hidup supplier tekstil lokal yang mensuplai bahan, reseller yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Tak hanya itu, ada pula 20 pegawai Proven Sprei yang kebanyakan putus sekolah, termasuk di antaranya penjahit, staff admin, pemotong pola, dan petugas pengemasan.

Masa pandemi mengguncang hebat hampir semua bisnis, tidak terkecuali bisnis Proven Sprei milik Maria. Sebelum pandemi, Proven Sprei aktif menjual produknya baik secara offline maupun online. Namun pada saat pandemi, Maria hanya fokus menjual sprei miliknya secara online di Shopee. Melalui dukungan yang diberikan oleh Shopee, Maria dapat belajar lebih banyak bagaimana meningkatkan performa berjualan online selama masa pandemi.

Dengan lebih banyak memahami strategi marketing secara digital, Proven Sprei dapat menjangkau pelanggan lebih luas sambil mempertahankan bisnis serta karyawannya di masa pandemi ini. Bergabung bersama Shopee di tahun 2016, Maria merasa sangat terbantu dalam mengetahui berbagai fitur seperti flash sale, diskon, gratis ongkir, program, serta berbagai promo yang diberikan oleh Shopee.

Dok: ShopeeFoto: Dok: Shopee

Menurut Maria, Shopee selalu memberikan program yang menarik dan berbeda sehingga hal ini berdampak terhadap penjualan Proven Sprei dan menambah ketertarikan pelanggan untuk berbelanja di Proven Sprei, baik itu pelanggan lama maupun pelanggan baru.

Selain membantu dari sisi penjualan, Maria merasakan bahwa Shopee juga memberikan pendampingan penuh bagi para penjual untuk terus belajar dan berkembang dalam mengikuti perubahan zaman khususnya berjualan secara online.

Ia yang awalnya tidak paham betul tentang teknologi, kini sudah mahir menjalankan bisnis secara online. "Sejak berjualan online bersama Shopee, penjualan Proven Sprei naik menjadi sekitar 150 pesanan per hari dan sudah berhasil memproduksi ribuan sprei berbahan lokal," jelasnya di Jakarta, Sabtu (5/6/2021).

Dia menambahkan, ini tidak terlepas dari bantuan Shopee yang selalu peduli terhadap keberlangsungan bisnis penjual, selalu melakukan inovasi terbaru dan membuat fitur berbeda dari marketplace lainnya. Berbagai program dan kampanye besar yang ditawarkan oleh Shopee seperti 6.6 Rumah dan Hobi Sale yang diikuti oleh Proven Sprei juga turut mendongkrak penjualan.

"Kami memberikan berbagai promo seperti diskon s/d 70%, produk-produk yang dijual dengan harga di bawah Rp 50.000 serta voucher diskon toko sampai 50% yang akan aktif di tanggal tertentu selama periode kampanye 6.6 berlangsung," katanya lago.

Di Hari Puncak Kampanye, penjualan yang dikantongi Maria bisa naik mencapai tiga kali lipat order harian di waktu biasa. Bantuan yang diberikan oleh Shopee tidak hanya berhenti sampai membantu penjualan kami di dalam negeri saja, tetapi juga ke luar negeri dengan mengikuti Program Ekspor Shopee sejak April 2020.

Selanjutnya, program ekspor yang diberikan oleh Shopee dirasakan Maria sangat nyata membantu memperluas pasar Proven Sprei. Saat ini, Proven Sprei sudah berhasil menjual produknya ke berbagai negara tujuan ekspor Shopee seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, dan Thailand.

Melalui program ekspor yang dilakukan oleh Shopee, penjualan Proven Sprei selalu meningkat setiap bulannya. "Saya merasa senang dengan edukasi, pelatihan dan pendampingan yang diberikan oleh Shopee sehingga Proven Sprei bisa merambah ke pasar global," tuturnya.

Proses ekspor yang dibantu oleh Shopee juga memberikan kemudahan bagi penjual untuk tetap bisa fokus dalam meningkatkan kualitas dan desain produk kita agar dapat bersaing di luar negeri. Pesanan ekspor pertama datang dari Singapura dan sampai sekarang mayoritas pesanan ekspor lebih dari 70% dari sana.

"Pesanan terpopuler adalah sprei tipe katun, ini juga merupakan produk yang paling banyak dibeli oleh pelanggan kami di Indonesia. Sejak saat itu saya bersemangat untuk dapat terus meningkatkan penjualan ekspor bersama dengan Shopee. Proven sendiri artinya terbukti dalam Bahasa Inggris, dengan perjalanan ekspor bersama Shopee ini, rasanya Proven, sprei Tangerang desainnya cocok untuk pelanggan di mancanegara dan tidak kalah kualitasnya," ujarnya.

Hal ini sejalan dengan komitmen Shopee dalam membawa produk lokal menuju global melalui berbagai kolaborasi yang dilakukan, seperti peresmian Kampus UMKM Shopee Ekspor di Surakarta sebagai lanjutan kolaborasi strategis untuk membawa UMKM Surakarta untuk bisa ekspor dengan mewujudkan 10.000 eksportir asal Surakarta pada akhir tahun ini. Kemudian, kolaborasi dengan Sekolah Ekspor, asosiasi gabungan antara Kamar Dagang dan Industri Indonesia serta Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (SMESCO) untuk mewujudkan 500.000 eksportir hingga tahun 2030. Program yang dimulai sejak awal Maret 2021 ini juga didukung Kementerian Koperasi dan UKM serta Kementerian Perdagangan.

Kedepannya, Maria berharap dapat semakin membuka banyak lapangan pekerjaan untuk bagian online marketer, graphic designer, content creator dan social media manager seiring dengan terus berkembangnya penjualan Proven Sprei secara online di Shopee. Ia juga ingin fokus untuk membesarkan bisnisnya di Shopee, baik lokal maupun global, dengan harapan dapat semakin meningkatkan lagi penjualan dan omset harian dari Proven Sprei.


(yun/yun)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading