Toko Suplai Produk Bubuk Minuman Turut Gerakkan UMKM Lokal

Entrepreneur - dob, CNBC Indonesia
29 May 2021 16:31
Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Heilman Yunansyah sudah punya mimpi jadi pengusaha sejak berada di bangku kuliah, sayangnya saat itu ia belum bisa mewujudkan mimpinya karena masih bekerja di suatu perusahaan multinasional.

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dialaminya pada 2018, padahal kala itu dia memegang posisi yang cukup tinggi di perusahaannya sebagai salah satu top management. Tanpa terlalu lama merasa terpuruk, masa sulit ini Heilman jadikan sebagai bensin untuk kobaran semangatnya dalam menghidupkan kembali mimpinya suntuk menjadi seorang pengusaha dan membangun bisnisnya sendiri.

Berbekal uang pesangon serta ilmu dan juga pengalaman berjualan secara online dahulu kala, Heilman mulai mencoba peruntungannya dalam menjalani bisnis penyuplai bubuk minuman berkualitas, hingga lahirlah toko IndoPowder.


Pengusaha yang ingin berhasil bergerak di bidang bisnis apapun, harus pandai dalam memanfaatkan momentum yang ada. Tren es kepal milo yang sempat viral di sosial media menjadi awal mula dari perjalanan bisnis toko IndoPowder yang didirikan oleh Heilman, dimana banyak dari masyarakat yang membutuhkan produk bubuk minuman untuk keperluan usaha mereka.

Berangkat dari situ, toko IndoPowder pun semakin dikenal oleh khalayak ramai. Berkat semangat dan kegigihan Heilman, tak disangka performa bisnis toko IndoPowder kian berkembang pesat. Hingga saat ini, IndoPowder telah memiliki 32 agen dan distributor di berbagai wilayah Indonesia seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.

Tak hanya itu, penjualan melalui Shopee pun semakin meningkat dari waktu ke waktu. Berkat ilmu serta bimbingan yang diberikan oleh Shopee dari awal bergabung hingga saat ini, mengenai cara berjualan sampai berbagai program yang dihadirkan oleh Shopee, penjualan toko IndoPowder bisa meningkat hingga 50% dalam Year-on-Year dengan memiliki 30% konsumen loyal dari total pembeli di Shopee. Heilman merasa sangat bahagia dan bersyukur akan hal ini.

Akhirnya, visi dan misinya untuk dapat membantu bisnis sesama pelaku UMKM lokal dapat tercapai dengan menjadi penyuplai produk bubuk minuman bagi penggiat UMKM minuman di Indonesia. Heilman merasakan perubahan positif yang cukup signifikan untuk bisnis toko IndoPowder nya. Hal ini dapat tercapai dengan adanya dukungan penuh yang diberikan oleh Shopee kepada Heilman, mulai dari berbagai kampanye yang diadakan, hingga beberapa program yang khusus dirancang agar para penjual bisa sukses bersama dengan Shopee.

Menurut Heilman, sebagai platform e-commerce terdepan, Shopee senantiasa menghadirkan beragam inovasi sehingga dapat terus meningkatkan jumlah penggunanya, yang tentunya juga berkontribusi besar kepada penjualan IndoPowder karena dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi.
"Berbagai kampanye tanggal cantik dan juga Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) mempunyai peran penting dalam peningkatan penjualan toko IndoPowder. Terutama saat kampanye besar seperti pada Ramadan Food Fair, yang bisa membantu meningkatkan penjualan hingga 30% dibandingkan dengan hari-hari biasanya," ujar dia di Jakarta, JUmat (28/5/2021).

"Selain itu, di Shopee terdapat pula program JBP (Joint Business Planning) yang berfokus pada penentuan dan perencanaan target jangka panjang bagi para penjual. Melalui program ini, saat periode kampanye 4.4, IndoPowder telah berhasil mencapai peningkatan penjualan hingga 500% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu," imbuhnya.

Situasi pandemi turut memberikan dampak kepada bisnis IndoPowder, dimana penjualan toko sempat menurun drastis yang memaksa Heilman untuk dapat beradaptasi dengan keadaan. Dengan adanya tren berbelanja online yang dilakukan masyarakat Indonesia selama masa pandemi, Heilman melihat keadaan ini sebagai kesempatan untuk semakin memperkuat bisnisnya secara online di Shopee.

IstFoto: Ist

Heilman pun putar otak membuat strategi penjualan baru, seperti dengan penambahan beberapa varian serta pembuatan size packaging baru. Hingga mengikuti berbagai kampanye yang Shopee tawarkan. Alhasil, usaha yang ia lakukan untuk mempertahankan bisnis IndoPowder akhirnya berbuah manis.

"Hingga saat ini, untuk umur bisnis yang masih terbilang muda karena baru berjalan tiga tahun lamanya, performa toko IndoPowder sudah sangat melebihi ekspektasi. Dibandingkan dengan e-commerce lain, penjualan IndoPowder di Shopee sudah mencapai hampir dua hingga tiga kali lipatnya, baik dari sisi jumlah penjualan maupun omzet yang didapatkan. Tak hanya itu, toko IndoPowder juga sudah mendapatkan level Star Plus dengan jumlah total 87.000 pengikut. Tentunya pencapaian ini sangatlah membanggakan bagi saya pribadi," ungkapnya.

Merupakan suatu kehormatan tersendiri bagi Heilman untuk bisa menjadi bagian dari inovasi fitur terbaru #ShopeePilihLokal lewat toko IndoPowder nya. Selain dapat turut mendukung program pemerintah untuk lebih mengapresiasi dan mengkampanyekan penggunaan produk lokal, di sisi lain Heilman juga merasa senang karena program ini dapat meningkatkan awareness IndoPowder di Shopee sehingga bisa menjangkau lebih banyak lagi konsumen dan pastinya membantu keberlangsungan bisnis UMKM lokal lain.

"Masih dalam rangkaian program yang dihadirkan oleh #ShopeePilihLokal, IndoPowder juga ikut berpartisipasi dalam kampanye 6.6 Kuliner Viral Day yang akan diadakan pada tanggal 29 Mei 2021 mendatang. IndoPowder akan memberikan promo flash sale yang dapat dinikmati untuk membeli produk yang kami jual. Pada saat yang bersamaan, kami juga berencana untuk meluncurkan produk baru IndoPowder di tanggal tersebut yang juga akan ditunjang dengan promo gratis ongkir sebagai daya tarik bagi konsumen untuk memborong produk IndoPowder pada kampanye 6.6 #ShopeePilihLokal," tuturnya.

Selanjutnya, pada kampanye 6.6 #ShopeePilihLokal yang akan berlangsung mulai tanggal 29 Mei sampai 6 Juni 2021, Shopee menghadirkan berbagai penawaran menarik yang dapat dinikmati oleh para pengguna dalam memberi produk lokal.

Mulai dari kampanye-kampanye tematik seperti Brand Lokal Day, Fashion Wanita Day, Flash Sale Lokal Day, Beauty Lokal Day, Kuliner Viral Day, Rumah & Hobi Day, Fashion Pria Day,


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading