Gandeng Pemkot Solo, Shopee Ingin Bawa UMKM Solo Go Ekspor

Entrepreneur - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
26 April 2021 11:40
Pemerintah Kota Solo bersama dengan Shopee Indonesia menandatangani kesepakatan guna mengembangkan potensi dan mencetak usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang siap menembus pasar ekspor. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Kota Solo, Jawa Tengah, menggandeng marketplace Shopee untuk meningkatkan eksistensi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bersaing di pasar global. Solo memiliki sekitar 40 ribu pelaku UMKM, dengan 5.000 di antaranya telah aktif di pasar ekspor.

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan Kota Solo dipilih karena memiliki potensi besar dalam pengembangan UMKM dan menjadi bagian penting dari bisnis perusahaan. Pihaknya pun berkomitmen membantu UMKM untuk mengembangkan usahanya.

"Misi kami selalu bergerak membantu UMKM untuk membangun bisnis yg lebih besar lagi di pasar nasional dan global. Di Solo ada 40 ribu UMKM yang sudah bergabung, 5 ribu di antaranya sudah ekspor. Ini merupakan potensi besar untuk berkembang," kata Handhika, Senin (26/04/2021).


Kerja sama ini menurutnya juga akan berlangsung dalam jangka panjang. Handhika menambahkan akan ada beberapa program yang diberikan oleh Shopee antara lain edukasi, bantuan finansial hingga pemasaran.

"Pertama edukasi, bagaimana mengelola toko lebih baik. Kedua, kita ada pendanaan juga, membantu berinvestasi dari segi mesin dan mental agar bisa lebih baik. Kemudian ada kampanye-kampanye tertentu, seperti 'Shopee Pilih Lokal' untuk membantu memasarkan," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Walikota Solo Gibran Rakabuming mengatakan kerja sama ini bisa menjadi salah satu upaya percepatan ekonomi setelah pandemi Covid-19. Pasalnya, UMKM menjadi salah satu sektor yang terdampak berat akibat pandemi ini.

"Saya mohon UMKM Solo dibina dan paling tidak UMKM Solo bisa naik kelas. Saya yakin produk UMKM di Solo berkualitas dan diminati. Saya yakin sekali bisa go nasional dan internasional," kata Gibran.

Dia juga meminta agar Shopee segera membuka kantor di Solo sehingga bisa menambah jumlah UMKM yang aktif di Solo. Dengan begitu jumlah yang tergabung di Shopee bisa bertambah dari posisi saat ini, dengan kemampuan yang semakin bertambah.

"Saya minta agar office di Solo dipercepat. Kalau komplain dan lain-lain agar bisa ditangani dengan baik. Saya harap 40 ribu UMKM ini dimaintain dengan baik. Kita nggak ingin 40 ribu itu ada yang tidak aktif," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading