Raup Cuan, Ini Cara Mulai Bisnis Budidaya Ikan Cupang

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
17 October 2020 20:10
Ikan Cupang Kachen Worachai (sumber: hewany.com)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tidak hanya bercocok tanam, ternyata ikan hias turut menjadi tren, utamanya di wilayah Asia Tenggara.

Salah satu ikan yang kian populer adalah ikan cupang. Tak hanya sebagai modal kesenangan, pemilik juga dapat menjadikannya ladang bisnis.

Mengutip CNN Indonesia, akhir-akhir ini ikan cupang hias disebut-sebut sebagai potensi usaha yang menguntungkan. Lantas apa saja yang harus dilakukan untuk memulai bisnis ini?


Melansir dari Peta, ikan cupang ini tergolong individu yang sensitif dan kompleks. Meskipun perawatannya mudah, namun ikan cupang mudah sekali stres ketika hanya dieksploitasi untuk modal jual-beli, tanpa mendapatkan perawatan yang baik.

Jenis ikan satu ini berasal dari Asia dan sangat mudah ditemukan di daerah Asia Tenggara, seperti Thailand hingga Indonesia.

Ikan cupang juga merupakan spesies ikan tropis yang dapat hidup dengan mudah di rawa-rawa. Ikan cupang memiliki alat pernapasan tambahan yang disebut dengan labirin. Alat pernafasan tambahan ini berperan untuk mengambil oksigen langsung dari udara.

Oleh sebab itu, hal tersebut menjadikan ikan cupang istimewa, sebab tanpa aerator atau alat sirkulasi udara pun, ikan yang hanya memiliki ukuran tubuh maksimal 5cm ini tetap dapat hidup.

Ikan cupang Halfmoon (Ist Shopee)Foto: Ikan cupang Halfmoon (Ist Shopee)
Ikan cupang Halfmoon (Ist Shopee)

Perlu diketahui, rata-rata rentang hidup ikan cupang hanya dapat bertahan sekitar 3 sampai 4 tahun. Tetapi, pemilik harus dapat memastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang meliputi makanan, asupan cahaya, dan stimulasi mental yang tepat.

Pasalnya, ikan cupang juga merupakan ikan hias yang sangat agresif. Mereka terkenal suka berkelahi satu sama lainnya, sehingga tak disarankan pemilik meletakkan dua ikan cupang dalam satu wadah bersama.

Tidak hanya menjadi ikan hias, hewan yang memiliki sebutan ikan petarung ini juga kerap menjadi bahan aduan. Tak heran jika harganya dapat melambung tinggi di masyarakat jika diketahui punya riwayat hebat dalam bertarung.

Kendati demikian, harga yang telah dipatok hingga puluhan juta ini tak dapat dipukul rata dengan jenis ikan yang sama. Sebab ada faktor lain yang memengaruhi harganya. Semakin unik dan indah ikan cupang, tentu harga yang ditawarkan akan semakin mahal.

Jika Anda berminat menekuni budidaya yang satu ini, maka, cobalah mulai dengan mengoleksi beberapa jenis ikan cupang yang telah diulas.

Tak menutup kemungkinan, ikan yang Anda rawat dan miliki memiliki keunikan, sehingga membuatnya memiliki nilai daya jual yang tinggi.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading