Lifestyle

Kecil-kecil Cabai Rawit, 5 Ikan Cupang Populer, Harga Jutaan!

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
16 October 2020 10:24
Peternak ikan cupang memasarkan ikan cupang dagangannya menggunakan media sosial (daring) di Gerai Betta Katro, Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa (8/9/2020). Pandemi covid-19 memberikan dampak terhadap perekonomian UMKM. Sehingga, setiap pelaku usaha UMKM diharapkan beradaptasi dari perubahan perilaku pasar dengan memanfaatkan media online atau daring.  Di saat usaha di bidang pengadaan suku cadang mesin tengah lesu, Boy bertransformasi menjual ikan cupang hias. Demi menopang kondisi ekonomi keluarga.
Boy (45) selaku pembudidaya ikan cupang mengaku untuk menyiasati penjualan, Ia dan rekan-rekannya memanfaatkan media sosial untuk memasarkan dagangannya 
sehingga omzet terus berjalan di masa pandemi covid-19. sistem penjualan online melalui lelang di Instagram. Boy bersama komunitas cupangnya menawarkan sekitar 30 ikan cupang hias kepada sejumlah pembeli. Bagi pembeli yang menawarkan dengan harga tinggi, maka pembeli itu yang berhak mendapat ikan cupang tersebut. Alhasil, ikan cupang yang ia tawarkan bisa laku dengan harga mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tidak hanya tanaman hias yang menjadi hobi baru bagi masyarakat Indonesia saat pandemi Covid-19. Ikan hias seperti cupang kini juga kembali populer dipelihara di Indonesia.

Ikan jenis air tawar ini bila di pasaran dan dijual per ekor Rp 10.000. Namun diantara semua spesies, ikan yang dikenal sebagai betta fish ini ada yang dibanderol dengan harga tinggi perekornya.




Penasaran apa saja itu? Berikut adalah ikan cupang termahal yang dirangkum CNBC Indonesia.

Ikan Cupang Double Tail

Ikan cupang double tail (Ist Tokopedia)Foto: Ikan cupang double tail (Ist Tokopedia)
Ikan cupang double tail (Ist Tokopedia)

Sesuai dengan namanya ikan ini memiliki ekor yang seperti terbelah dua dengan masing-masing memiliki gradasi warna berbeda. Karenanya keindahan warna belahan ekor ini bisa membuat harganya mahal.

Jenis ikan cupang ini agak sulit dikembangbiakkan karena tak mudah ditemui di pasaran. Selain itu juga rentan terhadap penyakit. Harga ikan cupang double tail anakan Rp 50.000 dam juara bisa mencapai Rp 1.200.000 per ekor.



Ikan Cupang Fancy

Peternak ikan cupang memasarkan ikan cupang dagangannya menggunakan media sosial (daring) di Gerai Betta Katro, Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa (8/9/2020). Pandemi covid-19 memberikan dampak terhadap perekonomian UMKM. Sehingga, setiap pelaku usaha UMKM diharapkan beradaptasi dari perubahan perilaku pasar dengan memanfaatkan media online atau daring.  Di saat usaha di bidang pengadaan suku cadang mesin tengah lesu, Boy bertransformasi menjual ikan cupang hias. Demi menopang kondisi ekonomi keluarga.Boy (45) selaku pembudidaya ikan cupang mengaku untuk menyiasati penjualan, Ia dan rekan-rekannya memanfaatkan media sosial untuk memasarkan dagangannya sehingga omzet terus berjalan di masa pandemi covid-19. sistem penjualan online melalui lelang di Instagram. Boy bersama komunitas cupangnya menawarkan sekitar 30 ikan cupang hias kepada sejumlah pembeli. Bagi pembeli yang menawarkan dengan harga tinggi, maka pembeli itu yang berhak mendapat ikan cupang tersebut. Alhasil, ikan cupang yang ia tawarkan bisa laku dengan harga mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)Foto: Lelang Ikan Cupang (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)
Peternak ikan cupang memasarkan ikan cupang dagangannya menggunakan media sosial (daring) di Gerai Betta Katro, Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa (8/9/2020). Pandemi covid-19 memberikan dampak terhadap perekonomian UMKM. Sehingga, setiap pelaku usaha UMKM diharapkan beradaptasi dari perubahan perilaku pasar dengan memanfaatkan media online atau daring. Di saat usaha di bidang pengadaan suku cadang mesin tengah lesu, Boy bertransformasi menjual ikan cupang hias. Demi menopang kondisi ekonomi keluarga.Boy (45) selaku pembudidaya ikan cupang mengaku untuk menyiasati penjualan, Ia dan rekan-rekannya memanfaatkan media sosial untuk memasarkan dagangannya sehingga omzet terus berjalan di masa pandemi covid-19. sistem penjualan online melalui lelang di Instagram. Boy bersama komunitas cupangnya menawarkan sekitar 30 ikan cupang hias kepada sejumlah pembeli. Bagi pembeli yang menawarkan dengan harga tinggi, maka pembeli itu yang berhak mendapat ikan cupang tersebut. Alhasil, ikan cupang yang ia tawarkan bisa laku dengan harga mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)



Ikan cupang jenis ini bersirip pendek dan sejak anakan sudah mahal harganya, per ekor Rp 200.000. Kecantikan ikan ini terletak pada gradasi warnanya yang sangat indah karena merupakan 3 demensi warna. Keindahannya terlihat saat ikan ini berlenggang lenggok di dalam akuarium.

Sesuai dengan namanya fancy maka warna-warni merupakan kelebihan ikan ini. Saat sudah besar ikan cupang fancy ini bisa terjual hingga Rp 2.000.000 per ekor. Orang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa menikmati keindahan warnanya.

Ikan Cupang Halfmoon

Ikan cupang Halfmoon (Ist Shopee)Foto: Ikan cupang Halfmoon (Ist Shopee)
Ikan cupang Halfmoon (Ist Shopee)



Keindahan juntaian ekor ikan cupang halfmoon ini memikat siapapun yang melihatnya. Sesuai dengan namanya ekor dan sirip ikan ini berbentuk bulan separo atau setengah. Bentangan ekornya akan membentuk lingkaran setengah lingkaran.

Ikan ini juga berasal dari Thailand dan dikembangkan oleh Peter Boethhner dari Amerika Serikat (AS) pada tahun 1980-an. Ikan cupang jenis ini memang sering dikawinkan silang dengan ikan cupang plakat. Harga anakan-nya Rp 40.000 dan harga ikan cupang halfmoon juara bisa mencapai Rp 500.000 per ekor.



Ikan Cupang Kachen Worachai

Ikan Cupang Kachen Worachai (sumber: hewany.com)Foto: Ikan Cupang Kachen Worachai (sumber: hewany.com)
Ikan Cupang Kachen Worachai (sumber: hewany.com)



Jenis ikan cupang aduan, betta splendens ini dinamai sesuai dengan nama pemiliknya Kachen Worachai berasal dari Bangkok, Thailand. Warna-warni merah, biru dan putih ikan ini mirip dengan bendera Thailand.

Badan ikan berwarna biru dengan garis membujur putih di bagian perut dan ada warna merah yang sejajar di bagian sirip bawah. Ikan ini menjadi perbincangan di tahun 2016.

Ini karena ikan cupang yang dilelang online saat itu laku US 1.530 atau saat itu setara dengan Rp 20 juta. Atau kini harganya setara Rp 22.6 juta. Pada saat itu ikan cupang ini menggemparkan para pencinta ikan hias karena harga yang fantastis untuk seekor ikan mungil cantik.

Ikan Cupang Plakat

Ikan Cupang Plakat (Ist Tokopedia)Foto: Ikan Cupang Plakat (Ist Tokopedia)
Ikan Cupang Plakat (Ist Tokopedia)



Seperti dua jenis ikan cupang terdahulu, ikan cupang ini berasal dari Thailand. Namanya 'plakad' dalam bahasa Thailand airnya tarung. Tergolong dalam jenis ikan cupang aduan.

Meski demikian, ikan cupang ini tak kalah menarik dengan bentuk tubuh yang kekar, sirip dan ekornya pendek dan tumpul. Warna ikan cupang ini cenderung gelap dan punya gerakan agresif. Harga anakannya Rp.60.000 dan mencapai Rp 2.000.000 untuk cupang plakat juara.


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading