Internasional

Top! Mantan Pencuci Piring Ini Jadi Konglomerat di AS

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
29 September 2020 08:55
Jacksonville Jaguars owner Shahid Khan arrives during the annual NFL owners meetings Sunday, March 24, 2019, in Phoenix. (AP Photo/Ralph Freso)

Jakarta, CNBC Indonesia - Nasib seseorang tidak ada yang tahu kedepannya. Ini pula yang dialami seorang miliuner asal Pakistan, Shahid Khan.

Pria berusia 70 tahun itu adalah pengusaha sukses yang dulunya nekat merantau ke Amerika Serikat (AS). Siapa sangka, awal merantau, Shahid bekerja sebagai pencuci piring di salah satu restoran dengan bayaran US$ 1,20 per jam.



Dari mencuci piring, Shahid Khan mampu berkuliah dan akhirnya menyelesaikan gelar sarjana di jurusan teknis industri dari University of Illinois at Urbana-Champaign (UIUC) pada 1971. Khan menjadi warga negara AS pada tahun 1991.

Khan sudah mulai mewujudkan mimpinya yang ingin menjadi orang sukses sejak kuliah. Karir pertama Shahid adalah saat ia bekerja di Flex-N-Gate, perusahaan manufaktur otomotif.

Setelah lulus kuliah, dirinya terpilih menjadi Direktur Teknis di perusahaan tersebut. Dia merupakan pelopor pembuatan bumper mobil untuk truk pikup dan bengkel perbaikan.

Dengan karir yang melonjak, pada tahun 1980 Shahid membeli perusahaan Flex-N-Gate dan hanya dalam waktu sembilan tahun menjadikan perusahaannya sebagai satu-satunya pemasok suku cadang Toyota di AS.



Ambisi serta ketekunannya tidak berhenti sampai di situ. Ia juga berusahauntuk memiliki tim National Football League (NFL) pada tahun 2020 dengan mengakuisisi 60% St Louis Rams.

Namun pemegang saham minoritas, Stan Kroenke membatalkan perjanjian tersebut karena terbentur oleh klausul. Akan tetapi Khan tidak menyerah begitu saja, dirinya tetap membeli Jacksonville Jaguar, salah satu tim American Football pada tahun 2011.

Bapak dari orang anak ini pun semakin kecanduan dengan menanam saham di dunia olahraga. Pasalnya sekitar dua tahun setelah memberi tim football, dirinya membeli klub sepak bola Fulham yang berbasis di Inggris.

Dengan kekayaan berlimpah , kini ia memiliki harta kekayaan sekitar US$ 7,8 miliar atau Rp 116 triliun, angka tersebut menjadikan dirinya miliuner urutan ke-66 versi Forbes.

Shahid Khan juga tampil di sampul depan majalah Forbes pada tahun 2012 sebagai wajah American Dream.



[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading