Anak Jokowi Daftar Walkot Solo, Ini Deretan Bisnis Gibran

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
05 October 2019 08:03
Anak Jokowi Daftar Walkot Solo, Ini Deretan Bisnis Gibran Foto: Peluncuran Goola, produk minuman milik Gibran Rakabuming (CNBC Indonesia/Rivi Satrianegara)

Jakarta, CNBC Indonesia - Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka resmi mendaftarkan diri menjadi anggota PDIP sekaligus Bakal Calon Walikota Solo. Sebelum terjun ke dunia politik, Gibran jauh lebih dulu menekuni bisnisnya di industri kuliner.

Bisnis kuliner pertama yang dia miliki adalah katering. Seiring berjalannya waktu, lini bisnis di bidang kuliner pun melebar dan secara tidak langsung dan menambah pundi-pundi keuangannya. Berikut adalah deretan bisnis Gibran Rakabuming yang dihimpun CNBC Indonesia.


Kuliner


Sebagai anak Presiden, Gibran tidak malu untuk menjalankan bisnis katering dengan nama Chilli Pari. Bahkan, ia mengaku bahwa Jokowi tidak memberikan bantuan modal kepada Gibran untuk memulai usaha kateringnya dan hanya memberikan saran.

Ia bercerita di awal merintis usahanya menerima pesanan makanan yang jumlahnya belum banyak. Ia ingat pesanan kateringnya di awal-awal baru untuk 50 orang saja.

Kini, omzet yang bisa dikantongi Gibran lebih dari Rp 1 miliar per bulannya. Ia mengungkapkan bahwa bisnis makanan memiliki keuntungan yang cukup besar.

Tidak hanya Chilli Pari, Gibran juga dikenal dengan mendirikan bisnis kuliner martabak bernama Markobar. Bisnis ini kini sukses dan sudah memiliki 33 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Siapa sangka perhari Gibran bisa mengantongi omzet sekitar jutaan.

GibranFoto: Peluncuran Goola, produk minuman milik Gibran Rakabuming (CNBC Indonesia/Rivi Satrianegara)


Tidak hanya makanan, Gibran juga meluncurkan kuliner minuman kekinian yakni Goola.

Goola sendiri menawarkan aneka minuman tradisional seperti kacang hijau, es doger, dan es goola aren yang menjadi signature bisnis itu. Bisnis ini, diketahui mendapatkan pendanaan dari pemodal ventura, Alpha JWS Ventures sebesar Rp 70 miliar.

Di tahun 2019, Gibran terus melebarkan sayapnya di industri kuliner. Kini ia mulai merambah ke dunia resto, dengan membuka restoran Mangkok Ku. Restoran ini merupakan hasil kolaborasinya bersama Chef Arnold Poernomo, dan sang adik, Kaesang Pangarep.

Menu andalannya ada Mangkok Brisket Onion Sauce with Onsen Egg, Brisket Spicy Sauce, Ox-Tounge Dabu, Crispy Chicken, Fire Fried Chicken, dan Egg Sausage Mayo.

Gibran melengkapi bisnis kulinernya dengan meluncurkan produk makanan dan minuman instan, hasil kolaborasi dengan sang adik, Kaesang. Dengan nama 'Siap Mas', produk makanan ini baru saja diluncurkan di bulan Agustus kemarin.

Ada yang berbeda dengan bisnisnya kali ini, karena Gibran dan Kaesang memutuskan untuk meluncurkan produk 'Kemripik' dan 'Ngedrink'. Sesuai namanya, ada keripik renyah aneka varian, dan minuman seduh instan aneka rasa tradisional.

Kedua produk resmi dipasarkan lewat jaringan ritel Indomaret. Untuk varian Kemripik terdiri dari tiga rasa yaitu Original, Nasi Goreng Seafood, dan Seblak Bandung dengan harga Rp 7.700 per bungkus. Sementara varian Ngedrink juga terdiri dari tiga rasa, ada Kacang Ijo, Jahe Kacang, dan Jahe Susu yang dikemas dalam gelas karton seharga Rp 5.800 per buahnya.


Teknologi

Selain kuliner, Gibran juga mendirikan bisnis berbasis aplikasi bernama Kerjaholic. Gibran tidak sendiri dia bekerjasama dengan Leonard Hidayat, Josh Ching, Michael, Daniel Hidayat membuat aplikasi ponsel untuk menghubungkan para pencari kerja dengan pihak-pihak yang sedang mencari kerjaan lepas dan paruh waktu.


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading