Murdaya Poo, Dari Tukang Koran ke Jajaran Orang Terkaya di RI

Entrepreneur - Bernhart Farras S, CNBC Indonesia
08 March 2019 - 15:53
Murdaya Poo, Dari Tukang Koran ke Jajaran Orang Terkaya di RI
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemilik nama lengkap Murdaya Widyawimarta Poo (73) atau biasa dipanggil Murdaya Poo adalah seorang lelaki multi talenta berkebangsaan Indonesia. Ia adalah salah satu pengusaha yang sangat sukses dalam bidang bisnis dan juga politik.

Bahkan pada 2019, Forbes mencatat Murdaya adalah orang terkaya peringkat 1605 di dunia dan termasuk dalam 50 orang terkaya di Indonesia pada 2018.

Ia adalah pendiri Central Cipta Murdaya Group yang bergerak pada bidang investasi perkebunan kelapa sawit, produsen kayu lapis, teknik dan IT. Pertama kali terjun ke dunia politik sebagai anggota legislatif periode 2004 hingga 2009 dari partai Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).


Beberapa prestasinya adalah mendirikan Jakarta International Expo adalah salah satu pusat konvensi terbesar di Jakarta. Dia memiliki hampir setengah kepemilikan dari pengembang properti terdaftar PT Metropolitan Kentjana. Namun seluruh kesuksesan tersebut dimulai dari bawah, Poo pernah mencari nafkah dengan menjual koran. Ini tercermin dari pribadi yang sederhana dan tidak suka mencari ketenaran di masyarakat.

Muraya Poo, Dari Tukang Koran Hingga Jadi Orang Terkaya! Foto: Murdaya Poo (Ist Detikcom)


Perjalanan Karir Murdaya Poo

Pria kelahiran Blitar ini mengawali karir dari bawah yang dimulai di masa mudanya sebagai penjual koran. Bidang kontraktor baru Ia mulai pada 1972. Di mana awalnya tidak begitu terkenal dan biasa-biasa saja sampai Ia menyadari bahwa bisnis kontraktor miliknya adalah satu-satunya pada era tersebut.

Perkembangannya begitu cepat dan mampu membuatnya memperluas bisnis hingga akhirnya mendirikan bisnis kontraktor yang lebih besar yaitu Central Cipta Murdaya Group pada 1992. Salah satu bisnis yang dikelolanya adalah PT Jakarta International Expo (JIExpo) yang mengelola event Jakarta Fair yang terkenal.

Disinilah awal mula Poo melebarkan sayap bisnisnya pada bidang lain seperti teknologi informasi, manufaktur, baja, real estate dan agribisnis.

Selain bisnis, Ia juga berkarir sebagai anggota legislatif dan terdaftar sebagai anggota legislatif DPR dari partai PDIP pada periode 2004 hingga 2009. Sebelum menjadi anggota legislatif, Murdaya pernah menduduki posisi bendahara dan pimpinan cabang PDIP.

Keluarga Murdaya Poo

Murdaya Poo lahir di Blitar pada tanggal 12 Januari 1946. Kemudian pada tahun 1971, Murdaya menikah dengan Siti Hartati. Pernikahannya bersama Siti Hartati Murdaya membuahkan 4 orang anak.

Anak pertamanya adalah Pajna Murdaya, anak keduanya adalah Metra Murdaya, anak ketiganya adalah Uppeicha Murdaya, dan anak terakhirnya adalah Karuna Murdaya. Siti Hartati sendiri merupakan orang terkaya ke 13 di Indonesia. Banyak bisnis yang dijalankan oleh istri Poo.

Usaha pertamanya bergerak dalam bidang kelistrikan yaitu perusahaan Kencana Sakti Indonesia. Selanjutnya beliau melakukan kesepakatan kerja bersama perusahaan alat olahraga besar di dunia yaitu Nike. Bersama dengan Nike, Siti Hartati Murdaya membuat PT. Hardaya Abeja Shoes Industry.

Perusahaan tersebut adalah perusahaan yang memproduksi sepatu Nike di Indonesia. Kemudian berlanjutlah perjalanan bisnisnya bersama Nike dengan membangun PT. Nagasakti Paramashoes Indonesia yang sama-sama bergerak di bidang sepatu.

Masih bersinggungan dengan Nike, Siti Hartati mendirikan Berca SportIndo untuk bergerak sebagai distributor barang-barang Nike yang diproduksi. Kemudian dengan berlanjutnya waktu, istri Murdaya Poo ini membuka merk sendiri dengan nama League.





Simak Video Orang Terkaya di Indonesia :
[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading