Sri Mulyani: Milenial Pilih Jadi Youtuber Ketimbang Insinyur

Entrepreneur - Samuel Pablo, CNBC Indonesia
20 September 2018 18:16
Sri Mulyani: Milenial Pilih Jadi Youtuber Ketimbang Insinyur
Jakarta, CNBC Indonesia- Menteri Keuangan Sri Mulyani siang tadi berbicara di depan para pelaku industri dan CEO di bidang infrastruktur dalam Deloitte Indonesia Infrastructure CEO Forum.

Dalam forum tersebut, Sri Mulyani memaparkan kondisi perekonomian global dan Indonesia pada saat ini serta kaitannya dengan pembangunan infrastruktur. 




Namun, ada hal menarik yang disampaikan mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia menjelang akhir sambutannya. Dia mengatakan bahwa generasi millenial Indonesia saat ini lebih memilih menjadi youtuber dibandingkan menjadi insinyur.

"Jika saya melihat Bapak Ibu sekalian yang duduk di ruangan ini, saya masih melihat sedikit sekali pakar infrastruktur dan insinyur dibandingkan jumlah yang dibutuhkan Indonesia," ujar Menkeu dalam forum tersebut, Selasa (20/9/2018).

"Saya bicara dengan banyak millenial, dan ketika saya tanyakan mereka mau berkarir menjadi apa, pertama mereka sebut mau jadi Menteri Keuangan. Kedua, tidak ada dari mereka yang bilang ingin jadi insinyur, mereka ingin jadi youtuber, mereka ingin jadi game designer," kata Sri Mulyani disambut gelak tawa hadirin.

Sri Mulyani, sambil sedikit tersenyum, kemudian mengatakan bahwa dirinya sangat khawatir apabila semua orang nantinya lebih memilih membangun infrastruktur di dunia maya, bukan dunia nyata.

Sri Mulyani: Milenial Pilih Jadi Youtuber Ketimbang Insinyur Foto: Infografis, Arie Pratama


Dalam kesempatan sama, Sri Mulyani juga menekankan pentingnya pembangunan SDM dan infrastruktur. Indonesia, kata dia, masih membutuhkan banyak kualitas SDM untuk mempersiapkan perencanaan infrastrukturm eksekusi pembiayaan, AMDAL, hingga perawatannya. "Saya kaget saat saya kembali ke Indonesia, kualitas SDM dan infrastuktur kita masih terbatas," katanya.

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading