Fitur Baru WhatsApp Kirim Foto Kualitas Asli Anti Pecah

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
25 January 2023 08:00
The WhatsApp messaging application is seen on a phone screen August 3, 2017. REUTERS/Thomas White/File Photo Foto: Logo Whatsapp (REUTERS/Thomas White)

Jakarta, CNBC Indonesia - WhatsApp dilaporkan tengah menguji fitur baru untuk pengiriman foto dalam platform. Kabarnya foto akan bisa dikirimkan dengan kualitas aslinya.

Selama ini, hasil foto yang dikirim melalui WhatsApp selama terkompresi secara otomatis. Ini terjadi untuk menghemat ruang dan bandwidth, tetapi kualitas dan detail gambar menjadi turun.

Dengan fitur baru ini, pengguna bisa mengirimkan gambar berkualitas terbaik. Caranya dengan mengetuk ikon Settings pada bagian header drawing tool.

Setelah itu, pengguna bisa memilih kualitas foto yang dikirimkan. Dengan begitu memungkinkan mereka membagikan gambar berkualitas tinggi dan asli ke pengguna lain.

Indian Express melaporkan fitur mengirimkan foto dengan kualitas asli sedang dalam pengembangan. Pengguna bisa menikmati fitur tersebut dengan lebih dulu mendaftar pada fitur beta di Google Play Store atau Apple App Store, dikutip Rabu (25/1/2023).

Belum jelas apakah fitur ini akan hadir dalam versi stabil di masa depan. Artinya, Indian Express mencatat perlu beberapa waktu ke depan sebelum bisa menggunakan fitur tersebut di smartphone pengguna.

Sebelumnya untuk menjaga kualitas foto, banyak pengguna yang menggunakan opsi Document untuk mengirimkan gambar. Jadi dengan fitur tersebut, gambar bisa langsung dikirimkan seperti biasanya.

Tapi WhatsApp bisa dibilang cukup terlambat menghadirkan fitur ini. Sebab pesaingnya seperti Telegram telah bisa mengirimkan foto kualitas asli sejak beberapa waktu.

Sementara itu, WhatsApp juga tengah gencar meluncurkan beberapa fitur baru beberapa waktu terakhir. Misalnya dukungan Proxy yang membuat WhatsApp bisa diakses saat aplikasi diblokir oleh jaringan internet.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

WA Punya Fitur Super Lengkap, Tapi Punya Kelemahan Besar


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading