Google Tahu Segalanya Soal Anda, Ini Cara Lihat dan Matikan

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
25 January 2023 07:20
FILE PHOTO: A logo is pictured at Google's European Engineering Center in Zurich, Switzerland July 19,  2018   REUTERS/Arnd Wiegmann/File Photo Foto: REUTERS/Arnd Wiegmann

Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak dari kita yang menggunakan produk dan layanan Google untuk kegiatan sehari-hari. Namun tahukah Anda jika raksasa teknologi itu memiliki informasi tiap penggunanya?

Dari produk dan layanan, seperti Gmail hingga Google Search, Google mengumpulkan data penggunanya. Ada sejumlah data yang diambil oleh perusahaan, berikut daftarnya berdasarkan catatan CNBC Internasional tahun 2019 lalu:

  • Nama, jenis kelamin dan tanggal lahir
  • Nomor ponsel pribadi
  • pencarian di Google
  • Situs yang dikunjungi
  • Apa yang disukai pengguna mulai olahraga hingga makan-minuman kesukaan
  • Tempat kerja
  • Tempat tinggal
  • Video yang ditonton

Pengguna pun bisa mengetahui cara tiap platform mengambil data masing-masing. Simak caranya berikut:

1. Mencari tahu iklan yang dipilih Google

Pertama Anda perlu masuk ke akun Google lebih dulu. Selanjutnya klik link Manage Ads Settings, yang bertujuan menunjukkan topik iklan apa yang disukai menurut Google. Sejumlah informasi yang bisa dilihat adalah jenis kelamin, umur, dan iklan yang pernah diblokir.

2 Tempat yang pernah dikunjungi

Anda bisa mengetahui informasi lokasi yang pernah dikunjungi dengan masuk ke laman Google Locations History Page. Data telah tersimpan dan dikumpulkan oleh Google Maps sejak 2010 lalu.

3. Konten Youtube yang ditontont

Sebagai salah satu produk Google, Youtube juga mengetahui informasi tiap penggunanya. Anda bisa melihat informasi aktivitas dengan masuk ke menu Youtube Search dan Youtube Watch dalam platform.

Cara Mematikan Pantauan Google

Pengguna juga bisa menghentikan praktik Google yang bisa mengetahui informasi pribadi tersebut. Namun sebagai catatan, pengguna tidak bisa lagi melihat iklan yang relevan setelah fitur dimatikan nantinya.

Selain itu, rekomendasi penelusuran yang muncul akan kurang bermanfaat. Pengalaman personal yang biasanya dihadirkan tiap produk Google juga akan menghilang.

Cara di bawah ini juga bukan berarti data pelacakan yang disimpan akan terhapus. Namun informasi lokasi setelah fitur dimatikan tidak akan lagi disimpan nantinya oleh Google.

Untuk menghentikan praktik pengambilan informasi tersebut, simak caranya berikut, dikutip dari Cnet, Rabu (25/1/2023):

1. Buka laman Google.com dari browser desktop atau mobile.
2. Masuk ke akun Google yang dimiliki.
3. Pilih Manage your Google Account. Berikut pada menu Privacy & Personalization, pilih Manage your Data & Personalization.
4. Akan ada Activity Controls dengan scrolling layar ke bawah, berikutnya pilih Manage your Activity Controls.
5. Selanjutnya akan terlihat boks bernama Web & App Activity, geser toggle untuk mematikannya.
6. Nantinya akan ada pemberitahuan memastikan pengguna paham apa yang dilakukan dengan menonaktifkan pengaturan. Pilih Pause.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

CCTV Google Mata-matai Anda 24 Jam, 'Butakan' Dengan Cara Ini


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading