Cara Agar Tak Dimasukkan ke Grup WA Sembarangan, Lebih Tenang

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
25 January 2023 19:14
cover topik whatsapp konten Foto: cover/whatsapp/Aristya Rahadian Krisabella

Jakarta, CNBC Indonesia - Grup WhatsApp hadir untuk memudahkan komunikasi dengan banyak orang termasuk rekan kerja, teman, dan keluarga dalam waktu bersamaan.

Namun terkadang kita merasa kesal apabila akun WhatsApp pribadi dimasukkan ke dalam grup yang tak dikenal. Ini terjadi jika Anda secara mengatur secara default setelah privasi grup ke Semua Orang.

Artinya, Anda dapat terhubung secara mudah dengan teman dan keluarga, meskipun mereka tidak ada dalam daftar kontak Anda.

Untuk memberikan privasi tambahan, WhatsApp menambahkan fitur untuk mengendalikan siapa yang dapat menambahkan Anda ke grup dengan menyesuaikan Setelan WhatsApp.

Sebagai catatan, mengubah setelan privasi grup tidak dapat dilakukan di WhatsApp Web atau Desktop, tetapi setelan dari ponsel akan disinkronkan dengan WhatsApp Web dan Desktop.

Cara mengubah privasi grup WhatsApp

Berikut cara mengubah setelan privasi grup

1. Buka Setelan WhatsApp, lalu

  • Android: Ketuk Opsi lainnya > Setelan > Akun > Privasi > Grup.
  • iPhone: Ketuk Pengaturan > Privasi > Grup.
  • KaiOS: Ketuk Opsi > Setelan > Akun > Privasi > Grup.

2. Pilih salah satu dari opsi berikut ini:

Semua Orang

Pilihan Semua Orang, termasuk mereka yang tidak terdapat di kontak, dapat menambahkan Anda ke grup tanpa meminta persetujuan Anda.

Kontak Saya

Hanya kontak yang Anda simpan yang dapat menambahkan Anda ke grup tanpa meminta persetujuan Anda. Jika admin grup tidak ada di kontak dan mencoba menambahkan Anda ke grup, mereka akan mendapat pesan pop-up yang menyatakan mereka tidak dapat menambahkan Anda.

Ini membuat admin akan memiliki opsi untuk mengundang Anda secara pribadi melalui chat personal dengan mengetuk Undang ke Grup atau menekan Lanjut, yang diikuti oleh tombol kirim. Anda akan memiliki waktu tiga hari untuk menerimanya sebelum undangan kedaluwarsa.

Kontak saya, kecuali...

Hanya kontak yang terdapat di buku telepon, selain yang Anda kecualikan, yang dapat menambahkan Anda ke grup tanpa meminta persetujuan.

Setelah memilih Kontak Saya, kecuali... Anda dapat mencari atau memilih kontak untuk dikecualikan. Jika admin grup yang telah Anda kecualikan mencoba menambahkan Anda ke grup, mereka akan mendapat pesan pop-up yang menyatakan mereka tidak dapat menambahkan Anda.

Mereka akan memiliki opsi untuk mengundang Anda secara pribadi melalui chat personal dengan mengetuk Undang ke Grup yang diikuti oleh tombol kirim. Anda akan memiliki waktu tiga hari untuk menerimanya sebelum undangan kedaluwarsa.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sayonara! Menghitung Hari Jelang WA Diblokir Permanen dari HP


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading