Beli HP Android Mahal, Kok Instagram Story Tetap Jelek?

Tech - Kartini Bohang, CNBC Indonesia
20 January 2023 18:40
REFILE - CLARIFYING CAPTION Silhouettes of mobile users are seen next to a screen projection of Instagram logo in this picture illustration taken March 28, 2018.  REUTERS/Dado Ruvic/Illustration Foto: REUTERS/Dado Ruvic

Jakarta, CNBC Indonesia - Kamera HP merupakan salah satu fitur penting yang kerap dijadikan 'bahan jualan' para vendor untuk menarik minat pasar. Lomba besar-besaran megapiksel pun sudah lumrah untuk meyakinkan konsumen soal kualitas kamera yang ditawarkan.

Namun tetap saja, masih banyak yang mengeluhkan kualitas kamera HP Android saat dipakai untuk Instagram Story. Keluhan paling sering adalah video patah-patah dan foto blur.

Padahal, kualitas kamera HP Android yang beredar di pasaran sudah sangat kompetitif. Rata-rata menyematkan modul kamera dengan tiga hingga empat lensa sekaligus.

Lantas, apa yang menyebabkan kualitas foto dan video menurun signifikan ketika diambil untuk Instagram Story? Isu ini tidak pernah ditanggapi secara resmi oleh Instagram maupun pabrikan HP Android.

Terlalu Banyak Model HP Android

Namun, alasan paling masuk akal dikarenakan sistem operasi Android dipakai oleh banyak pabrikan HP yang mengembangkan produk dengan teknologi berbeda-beda.

HP Android yang dikembangkan Samsung akan jauh berbeda dengan buatan Xiaomi, Oppo, Vivo, dan seterusnya. Mulai dari aspek rasio layar, sistem antarmuka, jenis dan kapasitas RAM, hingga teknologi kamera yang berbeda-beda.

Sehingga, sulit bagi Instagram untuk menyesuaikan software-nya satu per satu pada tiap perangkat Android. Hal ini berbeda dengan iOS yang merupakan sistem operasi khusus untuk iPhone.

Alhasil, foto dan video Instagram yang diambil dengan iPhone akan memiliki kualitas lebih prima. Tak heran jika para kreator konten dan pekerja media sosial banyak yang lebih memilih memakai iPhone ketimbang HP Android.

Samsung sebenarnya sudah mencoba menuntaskan masalah ini sejak menelurkan Galaxy S10 pada 2019 lalu. Pabrikan Korea Selatan tersebut mengumumkan telah bekerja sama dengan Instagram untuk menghadirkan "Instagram Mode" pada kameranya.

Upaya ini patut diapresiasi, sebab kualitas foto dan video Instagram Story dari HP flagship Samsung memang lumayan baik ketimbang beberapa HP Android lainnya. Namun, tetap saja tak bisa mengalahkan kualitas iPhone.

Seorang pengguna Galaxy S22 masih mengeluhkan kualitas Instagram Story dari HP keluaran 2022 tersebut melalui forum Samsung Community. "Saya merasa IG Story masih patah-patah, apakah optimalisasi kameranya seperti ini?", kata akun Edwin2911 tersebut, dikutip CNBC Indonesia, Jumat (19/1/2023).

Samsung CommunityFoto: Samsung Community
Samsung Community

Banyak yang memberikan solusi di kolom komentar. Ada yang mengatakan sebaiknya foto atau video diambil di aplikasi kamera HP, baru dipindahkan ke Instagram. Sebab, jika mengambil langsung dari kamera Instagram, hasilnya masih kurang.

Selain Samsung, HP Android yang punya kualitas Instagram Story top-notch adalah Google Pixel. Pasalnya, HP besutan Google tersebut memiliki chip kamera khusus bernama "Pixel Visual Core".

Chip tersebut mampu memroses konten visual sehingga tak mengalami penurunan kualitas saat diunggah ke Instagram Story. Selain itu, sebagai produk besutan Google, tentu ada perlakuan khusus bagi Pixel. Stabilitas sistem operasi Android sudah pasti terjamin pada perangkat tersebut.

Kompresi pada Instagram

Faktor lain yang menyebabkan kualitas foto dan video turun drastis adalah dimensi konten. Di laman Instagram Help, layanan di bawah naungan Meta itu mengakui pihaknya melakukan kompresi konten jika tak sesuai standar aplikasi.

Untuk foto, pastikan resolusi lebar foto maksimal 1080 piksel. Jika lebih dari itu, Instagram akan secara otomatis melakukan kompresi sehingga foto tampak buram.

Jika kurang dari itu, Instagram juga akan menarik (zoom in) otomatis, sehingga gambar pun jadi pecah. Dengan standar yang strict, sebaiknya foto yang diunggah ke Instagram Story mengikuti pakem yang ditentukan layanan berbagi foto tersebut.

Selain itu, maksimal ukuran foto juga 30MB. Ketika lebih dari itu, Instagram akan melakukan kompresi otomatis. Hal ini yang kerap membuat foto berkualitas tinggi tetap saja jadi blur ketika diunggah ke Instagram Story.

Untuk video, ukurannya juga diminta tak lebih dari 4GB dengan frame rate maksimal 30 Mbps. Lagi-lagi, jika tidak sesuai dengan ketentuan tersebut, maka kualitas konten akan dikorbankan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Samsung Galaxy S23 Stop Pakai Memori 128 GB, Harga Naik?


(tib)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading