Super App Ala Pemerintah, Semua Beres Lewat Satu Pintu

Tech - Arrijal Rachman, CNBC Indonesia
06 December 2022 16:05
Menkominfo Johnny g plate di acara Rapat Koordinasi Nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah. (Tangkapan Layar Youtube) Foto: Menkominfo Johnny g plate di acara Rapat Koordinasi Nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah. (Tangkapan Layar Youtube)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah berencana menggunakan satu aplikasi superapp. Ini akan memangkas ribuan aplikasi yang sebelumnya telah dipakai dan melakukan pekerjaannya masing-masing.

Menteri Kominfo Johnny Plate menilai aplikasi yang banyak itu tidak efisien. Menurutnya hal tersebut tidak terkomunikasi secara nasional.

"Saat ini pemerintah menggunakan 24 ribu lebih aplikasi. Sangat tidak efisien juga. Yang bekerja sendiri-sendiri dan masing-masing juga. Tidak bisa terkomunikasikan secara nasional," kata Johnny, dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Percepatan dan Peluasan Digitalisasi Daerah, Selasa (6/12/2022).

Untuk itu, Johnny menjelaskan pemerintah akan melakukan konsolidasi pada ribuan aplikasi tersebut. Nantinya hanya ada beberapa dan berada di bawah satu aplikasi saja.

Dengan hanya memanfaatkan aplikasi besar, Johnny mengharapkan penyelenggara sistem pemerintah berbasis digital bisa dilakukan dengan baik.

"Kita akan lakukan konsolidasi aplikasi-aplikasi ini. Agar cukup beberapa saja di bawah satu aplikasi pemerintah nanti," ungkapnya.

"Dengan banyak window aplikasi-aplikasi besar yang digunakan. Agar penyelenggara sistem pemerintah berbasis elektronik agar dilakukan dengan baik".

Rencana SuperApp itu sudah Johnny ungkapkan sejak beberapa waktu lalu. Dalam sebuah acara pada Juli lalu, dia mengungkapkan SuperApp akan membuat efisiensi yang lebih tinggi dari intervensi fiskal yang dilakukan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Puluhan triliun hematnya, kalau itu bisa dilakukan luar biasa untuk kita," kata Johnny saat itu.


[Gambas:Video CNBC]

(npb)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading