Kripto Bakal Punya Dana Penyelamat Mirip IMF, Setuju?

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
25 November 2022 12:25
FILE PHOTO: Representations of the Ripple, Bitcoin, Etherum and Litecoin virtual currencies are seen on a PC motherboard in this illustration picture, February 13, 2018. Picture is taken February 13, 2018. REUTERS/Dado Ruvic/File Photo Foto: Cryptocurrency (REUTERS/Dado Ruvic)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa pertukaran cryptocurrency, Binance, mengatakan pihaknya berkomitmen US$1 miliar (sekitar Rp 15 triliun) untuk membangun inisiatif pemulihan industri (IRI), Ini merupakan dana penyelamat mirip IMF yang akan digunakan untuk berinvestasi di perusahaan dari sektor aset digital.

Langkah itu dilakukan pada saat pasar crypto tertatih-tatih akibat jatuhnya bursa kripto FTX, yang mencari perlindungan kebangkrutan Bab 11 di Amerika Serikat.

Kejatuhan salah satu bursa kripto terbesar di dunia juga memicu kekhawatiran seputar kemampuan industri yang berkelanjutan untuk menarik investasi dari venture capital dan raksasa private equity.

Binance mengatakan akan meningkatkan jumlah komitmennya menjadi US$2 miliar dalam waktu dekat, tergantung pada kebutuhan.

"Kami mengantisipasi inisiatif ini akan berlangsung sekitar enam bulan dan akan fleksibel pada struktur investasi - token, fiat, ekuitas, instrumen konversi, utang, jalur kredit, dll," kata pertukaran kripto terbesar itu dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Reuters, Jumat (25/11/2022).

CEO Binance Changpeng Zao mengatakan saat berbicara di sebuah konferensi di Abu Dhabi minggu lalu bahwa ada minat yang signifikan dari para pemain industri dalam dana pemulihan.

Dana pemulihan itu rencananya akan diluncurkan oleh Binance dalam rangka membantu proyek-proyek cryptocurrency yang menghadapi tekanan likuiditas, menyusul jatuhnya FTX saingannya.

Dia mengatakan dana semacam itu akan membantu mengurangi efek negatif lebih lanjut dari FTX tanpa memberikan angka pasti untuk dana tersebut. Seperti yang diketahui, beberapa perusahaan crypto telah bersiap menghadapi dampak dari keruntuhan FTX.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ambyar! Bandar Kripto Ini Kehilangan Harta Rp 228 T Semalam


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading