Ciri Tawaran Investasi Bodong, Uang Lenyap Gagal Kaya Raya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
22 November 2022 07:45
ini ciri-ciri investasi bodong Foto: infografis/ini ciri-ciri investasi bodong/Aristya Rahadian Krisabella

Jakarta, CNBC Indonesia - Investasi ilegal terus marak terjadi di Indonesia. Bahkan kerugiannya mencapai Rp 123 triliun selama lima tahun terakhir sejak 2018 lalu.

Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam Tobing menjelaskan beberapa ciri investasi ilegal. Salah satunya adalah menjanjikan keuntungan dengan waktu cepat.

"Menjanjikan keuntungan dalam waktu cepat, cepat kaya dapat uang, mobil, rumah," kata Tongam dalam Sosialisasi Waspada Investasi dan Pinjol Ilegal yang ditayangkan kanal Youtube IPB TV, Senin (21/11/2022).

Ciri berikutnya adalah menjanjikan bonus dari merekrut anggota baru. Tongam menjelaskan ini berbeda dengan konsep MLM atau multi level marketing, yang menjual lebih banyak barang akan mendapatkan bonus sedangkan untuk investasi ilegal dengan banyaknya orang yang kena tipu.

"MLM itu multi level marketing, ini MLTM [adalah] multi level tipu menipu," ungkapnya.

Ciri lainnya adalah memanfaatkan banyak orang terkenal, seperti tokoh masyarakat, agama atau publik figure. Kepercayaan pada tokoh-tokoh itu dimanfaatkan untuk menipu banyak orang.

Selain itu juga investasi ilegal akan menawarkan tanpa ada risiko. Namun Tongam mengingatkan hal itu tidak mungkin, karena investasi pasti ada risiko.

"Enggak ada risiko. Semua investasi ada risiko. Tidak ada tanpa risiko," kata Tongam.

Terakhir investasi tersebut tidak jelas legalitasnya. Tongam menjelaskan mereka tidak memiliki izin namun melakukan kegiatan terkait investasi.

"Tidak ada izin hukum, tapi melakukan kegiatan," ungkapnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

CEk Segera! Ini 10 Investasi Ilegal yang Ditutup Satgas SWI


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading