Ini Harta Karun RI yang Diincar Elon Musk

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
14 November 2022 17:40
Elon Musk Foto: Elon Musk (Screenshot Youtube B20 Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pengusaha dan miliarder Elon Musk berbicara soal nikel dan kontribusi Indonesia pada ekosistem EV. Menurutnya nikel menjadi bahan utama untuk baterai lithium khususnya bagi kendaraan jarak jauh.

"Nikel, seperti yang Anda sebutkan adalah bahan utama baterai lithium ion terutama untuk kendaraan jarak jauh," jelas Elon dalam gelaran B20 Indonesia, Senin (14/11/2022).

"Banyak orang mendengar kata seperti baterai lithium ion, tetapi lithium sebenarnya hanya beberapa persen dari berat baterai".

Musk menjelaskan jika nikel merupakan mayoritas pada bobot baterai dalam jarak jauh seperti pesawat terbang. Dia juga menambahkan selama ini banyak pembangkit energi terbarukan.

"Kombinasi pertambangan berkelanjutan, pembangkit energi terbarukan dan kemajuan konektivitas dan pendidikan secara keseluruhan menurut saya akan memberikan kontribusi yang besar," ungkapnya.

CEO dan Presiden Director Anindya Bakrie yang menjadi moderator dalam perbincangan itu juga menanyakan soal kemungkinan membuat mobil listrik Tesla dengan harga lebih murah di beberapa negara. Terkait perusahaannya itu, Musk hanya mengatakan tak dapat berbicara soal masa depan Tesla.

Namun Musk menuturkan pihaknya memang memikirkan untuk membuat lebih banyak kendaraan yang lebih murah dari biasanya.

"Saya tidak bisa bicara masa depan Tesla. Tapi kami memang berpikir membuat lebih banyak kendaraan yang lebih murah dari yang kita lakukan," kata Elon.

Beberapa waktu terakhir, Musk memang disebut akan berinvestasi di Indonesia lewat Tesla. Tetapi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pembicaraan tersebut tidak mudah dan membutuhkan waktu lebih.

"Semua memerlukan waktu, saya tidak ingin cepat tanpa ada hasilnya. Ini memerlukan komunikasi yang intens dan hasilnya akan nampak," kata Jokowi di Bloomberg CEO Forum, Jumat (11/11/2022).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

7 Prediksi Elon Musk Soal Masa Depan, Ada yang Jadi Nyata!


(npb/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading