Bukan Hanya RI, Ini Bukti Shopee PHK di Mana-Mana

Tech - dem, CNBC Indonesia
30 September 2022 08:40
FILE PHOTO: A person walks in front of a sign of Shopee, the e-commerce arm of Southeast Asia's Sea Ltd, at its office in Singapore, March 5, 2021. REUTERS/Edgar Su/File Photo Foto: Ilustrasi Shopee (REUTERS/Edgar Su)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kinerja keuangan yang terganggu oleh kondisi perekonomian, memaksa Shopee melakukan efisiensi besar-besaran. Perusahaan e-commerce anak usaha Sea Group ini sudah mengumumkan pemutusan hubungan kerja (PHK) massal di banyak negara.

Shopee telah menutup kantornya di sejumlah negara Amerika Latin. Laporan Reuters mengutip tiga sumber mengatakan perusahaan menutup operasional lokal di Cile, Kolombia, dan Meksiko, kemudian menutup seluruh layanan di Argentina.

Penutupan ini mengikuti kebijakan serupa pada Maret lalu yang menimpa India dan Prancis.

Bulan Juni, perusahaan memangkas pekerjaan di seluruh divisi e-commerce dan pengiriman makanan di Asia Tenggara dan Amerika Latin.

Tidak hanya di luar "kandang". Shopee juga telah mengumumkan dan dikabarkan melakukan PHK di pasar utama di wilayah Asia Pasifik.

Berikut adalah negara-negaranya:

Ilustrasi Shopee (Tangkapan Layar via website Shopee)Foto: Ilustrasi Shopee (Tangkapan Layar via website Shopee)

1. Indonesia

Shopee telah mengumumkan PHK karyawan di Indonesia pada Senin (19/9). Kabarnya, 3% dari karyawan Shopee Indonesia terkena imbas langkah efisiensi tersebut.

Langkah efisiensi ini ini disampaikan oleh Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira. "Dengan berat hati, Shopee Indonesia harus melepas sejumlah karyawan," katanya lewat siaran pers.

Di dokumen pencarian kerja untuk komunitas startup yang dipelopori oleh akun Instagram @ecommurz, jumlah eks pegawai Shopee yang mencari kerja mencapai 400-an nama.

2. Thailand

Karyawan Shopee di Thailand juga terkena PHK. Sekitar 10% karyawan Shopee di negara itu akan diberhentikan. The Thaiger melaporkan diperkirakan ada 100 karyawan yang terdampak keputusan itu.

PHK ini terjadi belum lama setelah keputusan serupa terjadi pada 300 pekerja di ShopeeFood dan ShopeePay di Thailand bulan Juni lalu, dikutip Rabu (28/9/2022).

"Shopee Thailand akan mencoba merampingkan perusahaan dan meningkatkan efisiensi operasional untuk membuat Shopee lebih gesit dan mampu mengembangkan pertumbuhan jangka panjang," jelas Manajemen Shopee Thailand,

3. Taiwan

Kabar PHK untuk pegawai Shopee di Taiwan telah dikonfirmasi oleh perusahaan. Shopee Taiwan menyatakan pengurangan jumlah pegawai adalah bagian dari upaya untuk "mengoptimalkan efisiensi operasional" dan mencapai "self-sufficiency".

Kepada Channel News Asia, Shopee membenarkan bahwa mereka telah melakukan "penyesuaian organisasi" tetapi menolak menyebut jumlah pegawai terdampak.

Media lokal, United Daily News sebelumnya melaporkan kebijakan PHK Shopee berdampak ke lusinan pegawai.

4. Filipina

Di Filipina, kebijakan PHK Shopee berdampak ke kurang dari 10% dari total pegawai Shopee. Kabar PHK ini dilaporkan oleh Inquirer, mengutip sumber.

Namun, Shopee memastikan bahwa bisnis inti Shopee di Filipina tidak akan terdampak oleh kebijakan ini.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

PHK Massal, Ternyata Begini 'Jeroan' Keuangan Induk Shopee


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading