Elon Musk Ciptakan Manusia Buatan, Jutaan Pekerjaan Terancam

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
23 September 2022 11:15
Sebuah robot humanoid yang dikembangkan oleh Tesla, yang dikenal sebagai Tesla Bot atau Optimus (via REUTERS/TESLA) Foto: Sebuah robot humanoid yang dikembangkan oleh Tesla, yang dikenal sebagai Tesla Bot atau Optimus (via REUTERS/TESLA)

Jakarta, CNBC Indonesia - Elon Musk memiliki sudut pandang menarik dalam melihat manusia, dunia dan alam semesta. Salah satunya adalah mengembangkan rencana ambisius untuk menyebarkan ribuan robot humanoid (menyerupai manusia), yang dikenal sebagai Tesla Bot atau Optimus.

Perusahaan Tesla di Texas sekarang kabarnya sedang merancang Optimus di dalam pabriknya, yang pada akhirnya akan berkembang menjadi jutaan "manusia buatan" di seluruh dunia.

Dalam jangka panjang, Musk mengatakan di TED Talk, robot dapat digunakan di rumah, membuat makan malam, memotong rumput, dan merawat orang tua.


Menurut Musk, dikutip dari Global Times, Jumat (23/9/2022) bisnis robot pada akhirnya mungkin bernilai lebih dari pendapatan mobil Tesla.

Awalnya, Optimus akan melakukan pekerjaan yang membosankan atau berbahaya, termasuk memindahkan suku cadang di sekitar pabriknya.

Musk mengakui bahwa robot humanoid tidak memiliki kecerdasan yang cukup untuk menavigasi dunia nyata tanpa diinstruksikan secara eksplisit.

Namun dia mengatakan Tesla dapat memanfaatkan keahliannya dalam AI dan komponen utama untuk mengembangkan dan memproduksi robot humanoid yang cerdas, namun lebih murah, dalam skala besar.

Pada "Hari AI" 30 September, Tesla akan mengungkap prototipe Optimus, sebuah gambaran untuk pemimpin Autobots yang kuat dan baik hati dalam seri Transformers. Produksi bisa dimulai tahun depan, kata Musk.

Tesla menghadapi skeptisisme bahwa ia dapat menunjukkan kemajuan teknologi yang akan membenarkan biaya robot "tujuan umum" di pabrik, rumah, dan di tempat lain, menurut pakar robotika, investor dan analis.

Sebuah robot humanoid yang dikembangkan oleh Tesla, yang dikenal sebagai Tesla Bot atau Optimus (via REUTERS/TESLA)Foto: Sebuah robot humanoid yang dikembangkan oleh Tesla, yang dikenal sebagai Tesla Bot atau Optimus (via REUTERS/TESLA)

Tesla sudah mempekerjakan ratusan robot yang dirancang untuk pekerjaan tertentu untuk produksi mobilnya.

Robot humanoid telah dikembangkan selama beberapa dekade oleh Honda Motor Co dan unit Boston Dynamics Hyundai Motor Co. Seperti mobil self-driving, robot memiliki masalah dengan situasi yang tidak terduga.

"Mobil self-driving tidak benar-benar terbukti semudah yang dipikirkan orang. Dan itu sama dengan robot humanoid sampai batas tertentu," kata pemimpin Tim Robotika Dexterous NASA, Shaun Azimi, kepada Reuters.

"Jika sesuatu yang tidak terduga terjadi, menjadi fleksibel dan kuat terhadap perubahan semacam itu sangat sulit."

Pada acara "Otonomi" pada tahun 2019, Musk menjanjikan 1 juta taksi robot pada tahun 2020 tetapi sampai saat ini janjinya tak terealisasi.

Robot Musk mungkin dapat menunjukkan kemampuan dasar di acara tersebut, tetapi akan sulit bagi mereka untuk mengesankan harapan publik tentang robot yang mampu seperti manusia.

Agar berhasil, Tesla perlu menunjukkan robot melakukan banyak tindakan tanpa baris perintah.

"Jika dia hanya membuat robot berjalan-jalan, atau dia membuat robot menari, itu sudah selesai. Itu tidak terlalu mengesankan," kata seorang profesor teknik sistem manusia di Arizona State University Nancy Cooke.


[Gambas:Video CNBC]

(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Baca Juga
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading