Socialspy Whatsapp Ramai Dipakai, Bener Bisa Intip Chat Orang

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
21 September 2022 08:10
FILE - This Feb. 19, 2014, file photo, shows WhatsApp and Facebook app icons on a smartphone in New York. Is Big Tech headed for a big breakup? Federal regulators are already investigating Facebook's privacy practices. And the antitrust question has been rumbling in the background, with critics calling for spinning off WhatsApp and Instagram. (AP Photo/Patrick Sison, File) Foto: WhatAapp dan Facebook (AP Photo/Patrick Sison, File)

Jakarta, CNBC Indonesia - Belum lama ini sempat ramai dibicarakan mengenai aplikasi SocialSpy. Aplikasi itu dilaporkan bisa menyadap dan mengintip chat orang lain.

Ini jadi pertanyaan, sebab WhatsApp mengklaim menggunakan fitur keamanan enkripsi end-to-end untuk layanannya. Teknologi ini membuat pesan tidak bisa dibaca oleh siapapun, hanya untuk penerima dan pengirim pesan saja.

Alfons Tanujaya, pengamat keamanan siber, mengatakan bahwa SocialSpy hanya situs penipuan. SocialSpy tidak benar-benar menyadap WhatsApp, namun menjerat korbannya untuk bisa mendapatkan klik pada iklan.


"Tidak, itu mendapatkan penghasilan dari klik iklan. Itu besar sekali kalau kliknya jutaan," kata Alfons kepada CNBC Indonesia.

SocialSpy disebut hanya sebatas situs untuk mendapatkan keuntungan uang dari iklan. Situs itu juga tidak bisa mencuri data maupun menerobos keamanan WhatsApp.

"SocialSpy hanya sampai tahap mengarahkan korbannya mengklik iklan. Lalu tergantung iklannya, bisa iklan biasa, mencuri data tapi itu bukan bagian dari aksi Socialspy," ungkapnya.

SocialSpy digunakan lewat situs resminya. Untuk menggunakannya hanya dengan membuka situs dan memasukkan nomor yang ditargetkan.

Kemudian orang yang menyadap akan diminta melewati proses verifikasi. Proses inilah yang diduga jadi tempat mengisi survei aneh. Sebab laman yang digunakan sudah tidak lagi dari SocialSpy namun ke situs pengumpul klik.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Cara Mudah Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Lama Dihapus


(npb)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading