Perang Rusia-Ukraina Lanjut, Bill Gates Cemas Soal Ini

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
20 September 2022 17:45
Gaya Blusukan Bill Gates di Wilayah Kumuh (Ist Facebook via DetikInet) Foto: Gaya Blusukan Bill Gates di Wilayah Kumuh (Ist Facebook via DetikInet)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perang Rusia dan Ukraina dirasa Bill Gates jadi pengalih perhatian dari perubahan iklim. Selain juga terkait masalah ekonomi dunia yang terjadi saat ini.

"Kami berada di tempat yang lebih buruk dari yang saya harapkan," kata pendiri Microsoft itu, dikutip Fox News, Selasa (20/9/2022).

Menurutnya, yang menakutkan bukan soal tertinggal. Namun perang Rusia-Ukraina jadi gangguan membantu negara miskin dan kemajuan dalam masalah iklim.


"Namun hal yang paling menakutkan dari semuanya bukanlah soal kita tertinggal. Kita hanya harus menerimanya. Ini merupakan gangguan perang yang berlangsung di Ukraina dari membantu negara-negara miskin dan membuat kemajuan dalam adaptasi dan mitigasi iklim," ungkap Bill Gates.

Selain itu, Bill Gates juga mencatat masalah ekonomi sebagai hal yang akan mengurangi pentingnya perubahan iklim di publik. Masalah ekonomi termasuk resesi global, kenaikan suku bunga yang dipicu oleh kenaikan inflasi, dan juga tingkat utang tinggi.

"Itu hal yang sangat besar, apakah itu biaya pertahanan, biaya listrik, biaya pengungsi, biaya pupuk. Dengan perang di atas pandemi dan sekarang dengan suku bunga naik, dengan tingkat utang yang tinggi di mana-mana, tetapi termasuk di Afrika, lima tahun ke depan akan menjadi tantangan hanya untuk mempertahankan perhatian dunia," jelasnya.

Filantropi itu juga mengatakan adanya kenaikan biaya pupuk, Afrika akan mengalami produktivitas yang lebih rendah soal harga di luar pasar.

"Biaya pupuk, bagaimanapun adalah kemunduran besar karena saat dunia membuat lebih sedikit pupuk, siapa yang menggunakan sedikit pupuk? Afrika tidak membeli pupuk sebanyak yang mereka lakukan beberapa tahun lalu," kata Bill Gates.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Akun Kripto Pengguna Rusia Diblokir, Ada Apa Binance?


(npb/npb)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading