Apa Covid-19 Sudah Bisa Dianggap Flu? Ini Kata Ahli

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
20 September 2022 07:15
Infografis, Ini Gejala Covid-19 Varian Baru Foto: Infografis/ Gejala Covid-19 Varian Baru/ Edward Ricardo Sianturi

Jakarta, CNBC Indonesia - Ahli mencoba menjawab pertanyaan kapan Covid-19 bisa dianggap seperti flu. Menurut Monica Gandhi, spesial penyakit menular di University of California San Fransisco, mengatakan jika era itu telah hadir.

"Kita semua bertanya 'Kapan Covid terlihat seperti influenza?'," kata Gandhi, dikutip dari NPR, Selasa (20/9/2022). "Dan saya akan berkata, 'Ya kami ada di sana'."

Menurutnya dan peneliti lain, kebanyakan orang saat ini telah punya kekebalan yang cukup untuk melindungi dari sakit parah. Ini didapatkan dari vaksinasi, infeksi Covid-19, atau mendapatkan keduanya.

Gandhi menambahkan semua itu khususnya juga akibat varian Omicron. Varian tersebut dinilai tidak membuat orang sakit seperti yang terlihat pada strain sebelumnya.

Dengan begitu, dia menyimpulkan ancaman Covid-19 telah bekurang bagi kebanyakan orang. Artinya mereka sudah bisa menjalani kehidupan sehari-harinya lagi.

"Dengan cara yang biasa Anda jalani dengan endemik flu musiman," ungkapnya. Namun dengan catatan, itu bisa terjadi kecuali ada varian yang lebih ganas muncul.

Meski begitu, masih banyak orang yang tidak setuju dengan pandangan tersebut. Salah satunya adalah penasihat medis Gedung Putih serta Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, Anthony Fauci.

"Maaf saya tidak setuju. Keparahan satu dibandingkan dengan yang lain benar-benar sangat mencolok. Dan potensi membunuh satu dengan yang lain sangat mencolok," jelas Fauci.

Fauci menambahkan, Covid-19 masih jadi masalah kesehatan masyarakat lebih serius dari flu. Ini berlaku khususnya bagi kelompok rentan seperti orang tua, mereka yang berisiko tinggi meninggal karena penyakit itu.

"Covid merupakan masalah kesehatan masyarakat yang jauh lebih serius dari influenza," kata dia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Riset Ini Buktikan Covid Bisa Ganggu Kemampuan Otak Manusia


(npb)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading