Startup Binaan Telkom Ini Sukses Perluas Pasar Kopi Indonesia

Tech - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
14 September 2022 09:10
Telkom Foto: Dok Telkom

Jakarta, CNBC Indonesia - Platform digital yang dikembangkan oleh Leap-Telkom Digital (Leap) bernama Agree, berhasil menjembatani kerja sama penjualan kopi antara Indonesia dengan para importir di Belanda dan sekitarnya. Agree menjadi jembatan ekspor kopi Indonesia pada pada Pameran Pasar Kopi bersama Roemah Indonesia BV, Amsterdam beberapa waktu lalu.

Dalam pameran itu, Agree berperan sebagai Data and Information Hub yang meliputi daftar produk, traceability, kasir, dan laporan transaksi. Adapun nilai transaksi antara stakeholder dan importir itu mencapai lebih dari Rp 83 miliar.

Keberhasilan itu pun ditandai dengan penandatanganan kerja sama antara PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) dan Roemah Indonesia BV (RIBV).

Direktur Digital Bisnis Telkom Muhamad Fajrin Rasyid menuturkan pada pameran tersebut, Agree bersama RIBV dan PTPN III sebagai inisiator Project Management Kopi (PMO) Kopi Nusantara membawa beragam jenis sampel kopi yang berasal dari berbagai supplier di seluruh Indonesia untuk dicicipi para pengunjung.

"Informasi terkait kopi Indonesia termasuk proses produksi dapat dilihat menggunakan layanan Agree Partner. Jadi bisa dilihat siapa petaninya, ditanam di mana, diolah seperti apa, semua info bisa didapat dengan cara scan QR yang ada di kemasan kopi," ujar Fajrin dalam keterangan tertulis, Rabu (14/9/2022).

Sementara itu, Tim Produk Agree Bayhaqi mengatakan berupaya mengakomodasi semua kebutuhan informasi yang dibutuhkan para importir yang datang. Jika importir sudah menemukan sampel yang tepat dan ingin membeli kopi tersebut dalam jumlah banyak, importir dapat langsung memesan kopi tersebut melalui platform Agree Market.

"Agree akan membantu untuk dapatkan biji kopi terbaik dari Indonesia untuk bisnis Anda," imbuhnya.

Atas pencapaian ini, Telkom melalui platform Agree yang mengusung sustainability food ecosystem, berupaya terus berperan dalam melakukan digitalisasi ekosistem pangan di Indonesia dengan cara penyediaan platform dan smart farming yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh stakeholder dari hulu ke hilir.

Sebagai informasi, Agree merupakan bagian dari Leap Telkom Digital, umbrella brand produk dan layanan digital Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia.

Dengan adanya Leap, diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia demi mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital nasional, sejalan dengan target pemerintah dalam beberapa tahun mendatang.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jelang Lebaran, TelkomGroup Pastikan Layanan Tetap Prima


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading