Bos Besar Fintech Bilang Ini Soal Data Warga RI Gampang Bocor

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
26 August 2022 09:40
Ketua Umum Dewan Pengurus Harian Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech), Pandu Patria Sjahrir dalam acara Casual Talks On Digital Payment Innovation Of Banking. (Tangkapan layar via Youtube Bank Indonesia) Foto: Ketua Umum Dewan Pengurus Harian Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech), Pandu Patria Sjahrir dalam acara Casual Talks On Digital Payment Innovation Of Banking. (Tangkapan layar via Youtube Bank Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Belakangan isu soal dugaan kebocoran data masyarakat Indonesia kian banyak. Industri fintech pun menjadi salah satu yang rentan diserang oleh para penjahat siber.

Ketua Umum Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) Pandu Sjahrir mengatakan aturan yang saat ini masih dalam bentuk Rancangan Undang-Undang Data Pribadi (RUU PDP) bagus untuk melindungi data masyarakat dari kasus kebocoran-kebocoran yang kini terjadi.

"Iya itu kan ada Undang-Undang privasi mau keluar sebentar lagi, itu bagus kok untuk menjaga itu semua," kata dia ditemui usai acara Semangat Kolaborasi: Akselerasi Ekonomi Digital Indonesia di Jakarta, Kamis (25/8/2022).

Dari asosiasi sendiri, ia melihat memang tidak ada yang sempurna. Tapi yang terpenting adalah para perusahaan fintech menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat.

Dari industri pun juga harus selalu memperbaiki dan berjalan dinamis. "Tapi mindset-nya adalah satu, menjaga kepercayaan," tegasnya.

Satu yang menjadi fokus utama dari Pandu yakni soal fraud atau kecurangan. Menurutnya fraud itu bisa saja menyangkut ke semua fintech.

"Banyak sekali, dan juga nanti isu soal investasi bodong, itu semua menyangkut fintech. Nanti digital banking ada juga isu digital banking. Bagaimana kita treat itu," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Nyata, Orang Ini Terlilit Utang Usai Pinjam Uang ke 40 Pinjol


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading