Jurus Baru Nih! Bisa Baca Whatsapp Tanpa Ketahuan Online

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
23 August 2022 08:05
Infografis: Cara Balas WhatsApp Tanpa Terlihat Status Online Foto: Ilustrasi/Cara Balas WhatsApp Tanpa Terlihat Status Online/Arie Pratama

Jakarta, CNBC Indonesia - Saat ini, WhatsApp mungkin hampir digunakan tiap waktu oleh banyak orang. Dari saling bertukar pesan, mengirimkan fail hingga foto atau panggilan video.

Terkadang kita tidak bisa membaca atau membalas chat dengan cepat. Namun, ini bisa membuat salah paham karena WhatsApp menyediakan fitur "online" yang memperlihatkan pengguna sedang menggunakan aplikasi atau tanda centang biru yang menandai pesan telah dibaca.

Untuk menghindari kesalahpahaman ini, ada beberapa cara untuk menghindarinya. Salah satunya dengan menonaktifkan centang biru dengan masuk ke menu Account > Privacy > matikan "Tanda baca" atau "Read receipts".

Sebagai catatan, cara itu bersifat timbal balik. Jadi saat dimatikan, kamu juga tidak dapat melihat tanda pesan telah dibaca kepada orang lain.

Cara lainnya adalah mengaktifkan Mode Pesawat atau Airplane Mode di ponsel sebelum membuka aplikasi. Dengan begitu, pengirim pesan tidak tahu apakah kamu telah membaca pesan atau tidak.

India Today menuliskan pesan akan ditandai belum terbaca. Ini terjadi bahkan saat kita sudah menonaktifkan mode pesawat, Selasa (23/8/2022).

Selain itu, pengguna juga bisa mematikan fitur Last Seen yang membuat orang lain tidak tahu mereka sedang membuka chat. Caranya dengan masuk ke menu Settings > Account > Privacy, berikutnya matikan Last Seen untuk kontak tertentu atau tidak sama sekali.

Pesan akan ditandai sebagai "belum dibaca" atau "unread". Ini akan membuat kamu ingat untuk membaca serta membalasnya nanti, yakni dengan menekan dan menahan pesan lalu pilih "Mark as unread".

Perlu diingat pula, cara terakhir ini tak menyembunyikan fakta pesan telah dibaca dan pengirim pesan pun tahu hal ini. Trik tersebut untuk mengingatkan kamu belum membaca pesan sepenuhnya dengan adanya titik biru atau hijau.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Perhatian! Whatsapp Anda Bisa Dihapus Jika Kirim Konten Ini


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading