AirAsia Kasih Gaji Buat Driver Ojol di Malaysia, RI Juga?

Tech - Intan R.D, CNBC Indonesia
10 August 2022 20:42
airasia ride (Tangkapan Layar via Instagram @lim.benjie) Foto: airasia ride (Tangkapan Layar via Instagram @lim.benjie)

Jakarta, CNBC Indonesia - Baru-baru ini, AirAsia menawarkan gaji bulanan ke para pengemudi atau driver ojek online mereka di Malaysia. Menurut laporan, besaran gaji yang ditawarkan yakni mulai dari RM 3.000 per bulan atau setara dengan Rp 10 juta.

Para driver juga akan mendapatkan keuntungan lain berupa rekening tabungan Employee Providence Fund (EPF) atau jaminan hari tua dan Social Security Organizations (Sosco) atau jaminan kecelakaan kerja. Tak cuma itu, mereka juga bakal mendapat asuransi kesehatan, cuti tahunan hingga tunjangan perjalanan.

Kepala Pengiriman Merek Lim Ben-Jie mengatakan potensi pertumbuhan pengendara akan menguntungkan perusahaan menjadi salah satu pemain besar di sektor super-app, bersama dengan Grab dan juga FoodPanda.


Lalu bagaimana dengan layanan AirAsia Food yang ada di Indonesia?

Pihak Airasia Super App Indonesia mengatakan bahwa skema penghasilan yang diterapkan pada pengemudi Airasia Super App Malaysia berlaku untuk layanan airasia food dan airasia xpress saja.

Sedangkan, untuk airasia Super App Indonesia, sampai saat ini masih fokus pada ekspansi dan optimalisasi layanan. Salah satu layanan yang dimaksud adalah airasia food, sebagai pesan-antar makanan online yang bekerjasama dengan pihak ketiga untuk proses pengantaran.

"Kami akan menyampaikan kepada publik lebih lanjut jika terdapat informasi terbaru dari bisnis airasia Super App di Indonesia," kata Airasia Super App Indonesia dalam keterangan kepada CNBC Indonesia, Rabu (10/8/2022).

Seperti yang diketahui, layanan antar makanan milik AirAsia telah beroperasi di Indonesia. Tangerang dipilih sebagai kota pertama yang bisa menikmati layanan ini sejak Maret 2022. Dan pada Juni lalu, AirAsia memperluas wilayah layanannya dan masuk di Jakarta.

Layanan AirAsia ini juga punya opsi makanan dapat diantar langsung atau diambil sendiri di restoran oleh pengguna. Kendati demikian layanan pesan-antar ini masih menggunakan pihak ketiga dalam hal pengantaran.

Mengutip laman resmi, pada saat pertama kali hadir di Indonesia tepatnya Maret lalu airasia food didukung oleh mitra pengantaran dari GoSend.

Bagi pengguna di Indonesia, airasia food menyediakan berbagai metode pembayaran seperti e-wallet OVO dan Doku, kartu kredit, atau dengan menukarkan airasia points.

Kehadiran airasia food di dalam aplikasi airasia Super App disebut tak lepas dari visi maskapai AirAsia sebagai pendahulu yang menghubungkan setiap orang dengan layanan penerbangan yang terjangkau.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mau Kerja di Google Indonesia? Cek Nih Gajinya


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading