Menkes Beberkan Kesiapan RI 'Perangi' Wabah Cacar Monyet

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
08 August 2022 17:30
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin Foto: Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Dokumentasi CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan kesiapan pemerintah dalam menghadapi wabah cacar monyet (monkeypox). Menurut dia, pemerintah sudah memesan obat-obatan antivirus penyakit tersebut.

"Insya Allah minggu depan siap. Jadi kita sudah siap," ujar BGS dalam segmen Economic Update program Closing Bell CNBC Indonesia, Senin (8/8/2022).



Kemudian, menurut dia, pemerintah juga siap melakukan surveilans cacat monyet. Virus itu bisa dideteksi dengan mesin PCR yang banyak dipunyai berbagai kalangan di tanah air seiring pandemi Covid-19.

"Sama seperti Covid-19, monkeypox itu ada variannya. Variannya ada Afrika Tengah dan Afrika Selatan. Itu yang perlu genom sekuens," kata BGS.

Kalaupun harus menggunakan alat genom sekuens untuk mendeteksi varian yang ada, BGS bilang kalau kapasitas nasional sudah mumpuni. Kapasitasnya kini mencapai 30 ribu per tahun atau 2.000 sampel hingga 3.000 sampel per bulan.

"Kita sudah memiliki laboratorium yang bisa melakukan genom sekuens di Indonesia. Kita pasti dalam waktu 4-5 hari bisa tahu variannya," ujarnya.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Waspada! Kasus Covid-19 Melejit, Level PPKM RI Bisa Naik Lagi


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading