Daftar Fitur Canggih Google Translate, Wajib Anda Coba!

Tech - Tim, CNBC Indonesia
19 July 2022 15:45
In this April 4, 2013 photograph, Phillip Smith's message to his new daughter, 14-year-old Guan Ya, is translated to Chinese using Google Translate in his laptop on Rienzi, Miss. The Smiths and their three other children are using the program to communicate almost exclusively with Guan Ya, who is deaf. The family uses iPhones, iPods and a laptop, all loaded with the program to write in either English that translates to Chinese or vice-a-versa. (AP Photo/Rogelio V. Solis) Foto: Ilustrasi Google translate (AP Photo/Rogelio V. Solis)

Jakarta, CNBC Indonesia - Daftar fitur canggih Google Translate ini sayang untuk Anda lewatkan. Sebagai aplikasi penerjemah yang banyak dipilih, Google Translate menyediakan berbagai fitur canggih yang wajib Anda coba.

Google Translate yang merupakan produk dari perusahaan ternama, Google, terus menghadirkan inovasi. Teranyar, Google Translate telah sanggup menerjemahkan 133 bahasa.

Akses mudah juga menjadi keunggulan Google Translate. Anda bisa menggunakannya hampir di semua perangkat, mulai dari laptop hingga HP. Sayang, belum banyak yang mengetahui fitur canggih Google Translate.

Daftar Fitur Canggih Google Translate

Anda mungkin hanya menggunakan Google Translate dengan cara mengetik teks yang ingin diterjemahkan, tapi ternyata ada banyak fitur canggih lainnya. Lantas, apa saja daftar fitur canggih Google Translate yang wajib Anda coba?

1. Typing to Translate (Menerjemahkan Kata yang Diketik)

Typing to Translate adalah fitur canggih yang umum digunakan oleh pengguna Google Translate. Anda bisa menerjemahkan kata atau kalimat dengan cara mengetiknya.

Namun, pastikan aksara yang Anda ketik sesuai dengan ketersediaan bahasa Google Translate. Jangan khawatir, kini Google Translate telah menambah ketersediaan bahasa dari 103 menjadi 133 bahasa yang mampu diterjemahkan.

2. Speak to Translate (Menerjemahkan Suara)

Jika Anda sebelumnya hanya terbiasa menggunakan fitur Typing to Translate, ini saatnya untuk mencoba menggunakan fitur canggih Google Translate lainnya yakni Speak to Translate.

Sesuai namanya, fitur canggih Google Translate ini bisa menerjemahkan kata atau kalimat hanya dengan suara. Caranya Anda tinggal mengklik ikon mikrofon di pojok bawah dan dilanjut dengan mengucapkan kata atau kalimat yang ingin diterjemahkan. Ingat, pastikan suara terdengar jelas.

3. Camera Translation (Menerjemahkan dari Kamera)

Fitur canggih Google Translate selanjutnya adalah Camera Translation. Fitur ini memudahkan Anda dalam menerjemahkan bahasa karena cukup mengandalkan kamera.

Untuk menikmati fitur Camera Translation, Anda tinggal mengarahkan kamera ke objek yang ingin diterjemahkan. Selanjutnya, sistem Google Translate akan otomatis menerjemahkan sesuai bahasa pilihan Anda.

4. Write to Translate/Handwriting

Write to Translate atau Handwriting adalah fitur canggih Google Translate selanjutnya yang wajib Anda coba. Fitur ini spesial karena bisa menerjemahkan tulisan tangan.

Fitur Write to Translate atau Handwriting biasanya digunakan untuk menerjemahkan aksara khusus. Sebelum mencoba fitur ini, Anda harus memilih menu Handwriting terlebih dahulu. Fitur ini mempunyai simbol bolpoin yang terletak di kanan atas layar.

Selanjutnya, Anda bisa mencoba fitur ini dengan mengusap layar dengan jari atau memanfaatkan bantuan pensil touchscreen. Anda bisa menuliskan huruf, kata, hingga kalimat.

5. Tap to Translate (Menerjemahkan Teks di Aplikasi Lain Tanpa Menyalin)

Tap to Translate dinilai lebih praktis dan mudah. Anda tidak perlu membuka aplikasi Google Translate untuk menerjemahkan bahasa dan ini berguna bagi para pengguna WhatsApp atau layanan pesan instan lainnya.

Anda cukup mengaktifkan mode Tap to Translate di menu "Setting" pada aplikasi Google Translate. Jika sudah, cukup salin pesan yang ingin diterjemahkan, kemudian tekan ikon Google Translate yang muncul. Selesai, terjemahan pesan akan muncul secara otomatis.

6. Transcribe (Menerjemahkan Percakapan Langsung)

Fitur canggih Google Translate lainnya yang wajib Anda coba adalah Transcribe. Dengan bantuan fitur ini, Anda bisa menerjemahkan percakapan secara langsung dan dalam durasi yang panjang.

Selain itu, hasil terjemahan dengan fitur Transcribe bisa langsung ditampilkan di layar. Setidaknya ada 8 bahasa asing yang dapat diterjemahkan menggunakan fitur ini, yakni bahasa Inggris, Prancis, Jerman, India, Portugis, Rusia, Spanyol, dan Thailand.

7. Offline Translate (Menerjemahkan saat Offline)

Terakhir ada fitur canggih Google Translate yang bernama Offline Translate. Sesuai namanya, Anda bisa menerjemahkan bahasa secara offline saat tidak terkoneksi dengan internet. Anda mungkin mengira hanya bisa menggunakan Google Translate saat online, faktanya ada fitur canggih Offline Translate yang dapat memudahkan Anda.

Cara ini dapat Anda nikmati dengan terlebih dahulu mengunduh bahasa utama negara tujuan yang diinginkan. Setelah itu, Anda bisa menggunakan fitur ini dengan memilih menu "Offline Translation", kemudian memilih bahasa yang akan digunakan. Tak perlu khawatir, hasil terjemahan fitur Offline Translate tetap akurat.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading