Mau Diterima Kerja, Coba Cantumkan Ini di Resume Kamu

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
15 July 2022 12:05
Job Fair 2021 (CNBC Indonesia/Tri Susilo) Foto: Job Fair 2021 (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ketika melamar pekerjaan, ada banyak cara untuk mengoptimalkan resume kamu. Salah satu dengan mencantumkan pengalaman yang dibutuhkan perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan.

Kalian juga bisa mencantumkan pencapaian besar yang pernah kalian capai di kantor lama seperti melampaui target penjualan.

Menurut sebuah kelompok ahli karir salah satu yang sangat penting untuk dimasukkan resume adalah soft skill.


"Sebanyak 93% pengusaha mengatakan soft skill memainkan peran penting dalam keputusan mereka tentang siapa yang ingin mereka pekerjakan," kata Ian Siegel, salah satu pendiri dan CEO ZipRecruiter, seperti dikutip dari CNBC International, Jumat (15/7/2022).

"Saya akan mengatakan, secara umum, komunikasi jadi soft skill paling dibutuhkan dalam daftar itu sekarang mengingat bagaimana orang bekerja dalam situasi yang sangat berbeda, situasi hibrida," kata Kristin Kelley, kepala pemasaran di CareerBuilder.

ZipRecruiter mengumpulkan beberapa soft skill yang paling banyak diminta di platformnya. Berikut adalah keterampilan teratas dalam daftar itu, termasuk jumlah pekerjaan di situs yang mencantumkan keterampilan sebagai persyaratan:

1. Kemampuan berkomunikasi

Jumlah pekerjaan yang mencantumkan keterampilan: 6,1 juta

2. Costumer service

Jumlah pekerjaan yang mencantumkan keterampilan: 5,5 juta

3. Penjadwalan

Jumlah pekerjaan yang mencantumkan keterampilan: 5 juta

4. Keterampilan manajemen waktu

Jumlah pekerjaan yang mencantumkan keterampilan: 3,6 juta

5. Manajemen proyek

Jumlah pekerjaan yang mencantumkan keterampilan: 2,8 juta

6. Berpikir analitis

Jumlah pekerjaan yang mencantumkan keterampilan: 2,7 juta

7. Kemampuan untuk bekerja secara mandiri

Jumlah pekerjaan yang mencantumkan keterampilan: 2 juta

8. Fleksibilitas

Jumlah pekerjaan yang mencantumkan keterampilan: 1,3 juta

Menurut Kristin Kelley, kemampuan komunikasi adalah hasil dari pengaturan kerja jarak jauh dan hibrida baru yang sangat bergantung pada teknologi.

"Bagaimana Anda menanggapi seseorang yang mengirimi Anda email" penting, katanya sebagai contoh. "Tanggapi mereka secara resmi dalam 24 jam."

"Untuk menjadi perusahaan yang beragam dan inklusif," kata Georgene Huang, salah satu pendiri dan CEO Fairygodboss, "Anda harus bekerja dengan semua jenis orang yang berbeda, yang berarti Anda harus dapat berkomunikasi secara efektif dengan semua jenis orang yang berbeda. ."

Dalam hal penjadwalan dan manajemen waktu, "apa pun peran yang Anda miliki, jika Anda tidak dapat mengatur waktu Anda", Anda tidak akan efektif, katanya.

Jadi, sertakan soft skill Kamu dengan memberikan contoh nyata tentang bagaimana Anda menggunakannya baik di intro resume Anda atau poin di bawah deskripsi pekerjaan Anda.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading