Positif Omicron BA.4-BA5? Coba 7 Cara Ini Agar Cepat Sembuh

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
11 July 2022 08:00
Pemeriksaan test PCR Covid-19 di salah satu Lab test Covid-19 di kawasan Cilandak, Jakarta, Kamis (16/6/2022). (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki) Foto: Pemeriksaan test PCR Covid-19 di salah satu Lab test Covid-19 di kawasan Cilandak, Jakarta, Kamis (16/6/2022). (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 mendominasi kasus Covid-19 di Indonesia. Subvarian ini memiliki jenis penyebarannya yang lebih cepat.

Bagi pasien yang terkonfirmasi positif varian tersebut, sangat dianjurkan untuk menjalani isolasi mandiri di rumah.

Namun saat isolasi mandiri, tak hanya fisik yang lemas, bahkan mungkin saja kesehatan mental Anda tertekan karena harus terlalu lama berada di dalam rumah. Meski demikian, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap sehat fisik dan mental saat terkena Covid-19.

Dikutip dari NPR, Senin (11/7/2022), berikut 7 langkah tepat agar Anda cepat sembuh dari Covid-19 varian Omicron BA.4 dan BA.5.

1. Segera pastikan infeksi Covid-19

Direktur Medis Program Kesehatan Masyarakat di Boston medical Center, Cassandra Pierre mengatakan sebaiknya masyarakat segera melakukan tes Covid-19 jika mengalami beberapa gejala. Mulai dari demam, sakit kepala, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, dan masalah pencernaan.

Anda bisa menggunakan tes antigen di rumah saat gejala mulai terasa. Namun, hasil tersebut bukan berarti bisa beraktivitas di luar rumah serta mengira hanya flu biasa. Lakukan beberapa tes jika yang terlihat adalah hasil negatif pada pengujian pertama. Lanjutkan pada hari ke-3 atau ke-4 dan kemungkinan hasilnya adalah positif.

Selain itu, jika menggunakan tes antigen dan hasilnya positif tidak perlu lagi melakukan PCR. Ini karena antigen juga memiliki sensitivitas yang baik, khususnya jika memiliki gejala. Tes PCR bisa dilakukan jika mendapatkan hasil negatif pada beberapa hari pertama. Ini dilakukan untuk mengetahui apakah benar Anda terkena Covid-19.

2. Hubungi orang yang berkontak dan batalkan rencana

Langkah berikutnya tak kalah penting adalah menghubungi orang yang pernah berkontak. Bukan tidak mungkin mereka punya komorbid dan membuat gejala lebih parah saat terinfeksi virus

Profesor Pediatri dan Kepala Divisi Interim Penyakit Menular Pediatrik di Duke University School of Medicine, Michael Smith meminta orang positif Covid-19 tidak pergi kemanapun.

Kecuali hanya untuk perawatan medis yang dibutuhkan atau menghirup udara segar. Jika tes positif diketahui saat tes di rumah, Anda juga harus memberikan layanan kesehatan setempat.

3. Cari Bantuan Medis Jika Berisiko Tinggi

Jika gejala yang dirasakan adalah gejala pilek atau flu, sebaiknya tidak perlu buru-buru pergi ke dokter. Namun jika yang dirasakan seperti sulit mendapatkan cukup udara, mengalami gangguan pencernaan yang parah, dehidrasi ekstrem atau mengalami kebingungan dan perubahan status mental baiknya segera mencari perawatan medis.

Rencanakan Aktivitas Selama Isolasi di Rumah
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading