Penemu HP Punya Pesan Khusus Bagi Warga RI, Berani Baca?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
07 July 2022 13:40
Penemu ponsel Martin Cooper berpose selama upacara Doctor Honauris Causa dari University of Hasselt, di Hassselt, pada 27 September 2013. (Photo Belga Photo/ YORICK JANSENS/AFP via Getty Images) Foto: Penemu ponsel Martin Cooper berpose selama upacara Doctor Honauris Causa dari University of Hasselt, di Hassselt, pada 27 September 2013. (Photo Belga Photo/ YORICK JANSENS/AFP via Getty Images)

Jakarta, CNBC Indonesia - Penemu telepon genggam (HP), Martin Cooper tidak menyarankan orang-orang untuk menghabiskan waktunya dengan gadget di tangan. Dia bahkan menegaskan untuk mereka bisa mencari kehidupan lain.

Saran ini dia utarakan saat menjadi bintang tamu di BBC Breakfast. Kala itu pembawa acara bercerita menghabiskan lima jam perhari untuk menggunakan ponsel.

"Benarkah? Benarkah Anda menghabiskan lima jam sehari? Carilah kehidupan!" ujar Cooper yang saat ini berusia 92 tahun dikutip dari Phone Arena, Kamis (7/7/2022).

Dia bercerita tidak sering menggunakan HP, hanya 5% dari waktunya. Klaim ini cukup berbeda dengan kebanyakan orang yang terkadang bergantung dengan ponsel setiap harinya.

Phone Arena melaporkan 46% masyarakat Amerika Serikat (AS) dalam sebuah survey menghabiskan 5-6 jam dengan ponsel perharinya. Sedangkan 11% diantaranya menggunakan HP selama 7 jam atau lebih dalam sehari.

Sebelum menciptakan Motorola DynaTAC 8000X tahun 1973, dia memiliki ide untuk menciptakan ponsel yang bisa dibawa kemanapun oleh penggunanya. Sedangkan kala itu, mobil di dalam HP sangat populer.

Cooper menginginkan HP dengan ukuran 'cukup kecil untuk dimasukkan dalam saku tapi cukup besar untuk masuk antara telinga dan mulut'. Selain itu, keinginannya adalah semua orang punya nomor telepon sendiri.

Motorola menyukai ide itu dan berinvestasi jutaan dolar untuk mengembangkannya. Hasilnya DynaTAC 8000X dengan berat 2,5 pon dan panjang 10 inci.

Baterainya bisa bertahan selama 25 menit. Namun untuk mengisi ulang butuh waktu lama 10 jam, berbeda dengan teknologi sekarang yang telah menyematkan pengisian daya cepat.

DynaTAC 8000X baru dirilis 10 tahun kemudian dengan harga US$3.995. Harga yang cukup fantastis bahkan untuk smartphone zaman sekarang seperti Samsung Galaxy Fold 3 yang baru diluncurkan beberapa waktu lalu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Penemu HP Punya Pesan Buat Warga RI, Berani Baca?


(npb/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading