Gaji Pegawai Startup Vs PNS, Mana yang Lebih Banyak?

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
29 June 2022 17:55
Suasana program akselerator startup Y Combinator di Silicon Valley

Jakarta, CNBC Indonesia - Perkembangan perusahaan rintisan alias startup di Indonesia sangat signifikan. Perkembangan ini sejalan dengan perekrutan karyawan yang juga masif. Kebutuhan akan sumber daya manusia jelas meningkat dibanding sebelumnya.

Pilihan bekerja di startup memang menggiurkan, apalagi kabarnya banyak yang menawarkan gaji besar. Tapi di satu sisi minat masyarakat untuk bekerja sebagai pegawai negeri sipil (PNS) juga tak surut.

Bicara soal gaji, sebetulnya lebih tinggi mana gaji karyawan startup dibandingkan dengan PNS?


Karyawan startup disebut-sebut mempunyai gaji fantastis. Misalnya saja posisi software engineer yang dikabarkan mengantongi gaji paling tinggi di startup, bisa meraih hingga ratusan juta rupiah.

Riset dari Glint dan Monk's Hill Venture untuk fresh graduate yang mengisi posisi Junior Software Engineer di startup Indonesia mendapatkan gaji sekitar US$300 hingga US$1000 (Rp 4,3 juta-Rp 14 juta) per bulannya.

Setelah mendapatkan pengalaman beberapa tahun, gajinya akan meningkat menjadi US$1.400 hingga US$2.800 atau berkisar Rp 20 juta-RP 40 juta per bulan

Gaji tersebut akan bertambah saat jabatan juga naik menjadi VP of Engineering. Menurut para pendiri startup, pekerjaan itu merupakan salah satu yang paling penting di perusahaan.

Di Indonesia, seseorang yang menjadi VP atau Head of Engineering akan mengantongi gaji sekitar US$2.800-US$7.100 (Rp 40 juta-Rp 103 juta) per bulan. Jumlahnya bergantung pada tahap pendanaan yang dilalui perusahaan itu.

Menurut para manajer HRD, startup teknologi besar dan tahap akhir di ketiga negara yang dilakukan riset termasuk Indonesia, gaji pokok bulanan yang ditawarkan bervariasi. Bergantung pada pengalaman pegawai dan tahap pendanaan startup.

Apa betul gaji PNS kecil?

Penghasilan PNS diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) 15/2019. Besaran gaji pokok PNS berjenjang sesuai golongan dan lama masa kerja yang dikenal dengan masa kerja golongan (MKG).

Besaran gaji PNS, dihitung berdasarkan capaian pendidikan terakhir dan masa kerja mulai dari kurang dari 1 tahun hingga 27 tahun.

Gaji PNS dari Lulusan SMA hingga S3
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading