5 Teknologi Paling Berbahaya, Harusnya Tak Pernah Diciptakan

Tech - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
25 June 2022 19:50
Hanson Robotics' flagship robot Sophia, a lifelike robot powered by artificial intelligence, speaks with visitors, at the Mobile World Congress wireless show, in Barcelona, Spain, Tuesday, Feb. 26, 2019. The annual Mobile World Congress (MWC) runs from 25-28 February in Barcelona, where companies from all over the world gather to share new products. (AP Photo/Emilio Morenatti)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tidak semua kemajuan teknologi berujung positif. Ada beberapa penemuan yang malah berbahaya bagi kehidupan manusia.

Berikut lima teknologi yang dianggap berbahaya, dirangkum dari Brainberries, dikutip Sabtu (25/6/2022):

1. Nanobot

Teknologi ini sebenarnya instrumen hebat untuk penyembuhan, menumbuhkan bagian tubuh dan organ. Namun di sisi lain, nanobot mampu memusnahkan seluruh kota sebab secara harfiah tidak ada obat yang bisa menghentikannya.

Nanobot bisa mereplikasi diri dan hampir tidak bisa dihancurkan, baik diledakkan, ditembak atau ditangkap. Jika lepas kendali maka seluruh dunia akan hancur.


2. Warp Drive

Konsepnya adalah melakukan perjalanan intergalaksi di masa depan. Seluruh perjalanan akan lebih cepat dari kecepatan cahaya.

Namun Warp Drive punya masalah kecil, yakni partikel energi tinggi khusus yang terperangkap saat menggunakannya. Ini akan dilepaskan bersama sebagian besar energi yang bisa menghapus seluruh sistem bintang dan menciptakan lubang hitam.

3. Drone Perang Otonom

Teknologi ini mungkin baik karena tidak membuat orang terjebak selama pertempuran. Namun nyatanya tidak ada mesin yang bisa melakukan hal yang sama.

Mesin itu hanya akan mengeksekusi perintah. Selain itu juga saat mesin yang ada di medan pertempuran, berapa banyak yang akan digunakan dan konsekuensi bencana yang timbul oleh pertempuran terhadap lingkungan.

4. Penjara Virtual

Para ilmuwan dan penulis cerita fiksi ilmiah kerap membicarakan soal virtual reality. Konsepnya adalah melakukan aktivitas tanpa harus meninggalkan kota bahkan rumah masing-masing.

Namun jarang dipikiran VR bisa untuk memenjarakan orang dari penjahat atau yang tidak bersalah. Meski teknologi bisa digunakan demi kebaikan, namun dapat menjadi salah satu senjata terkuat dan membuat orang menjadi gila.

5. Mesin Artificial Intelligence

Dalam rangka untuk memahami sifat kesadaran dan jiwa, kita berusaha mereplikasi pikiran manusia dalam mesin. Idenya menarik namun juga mengerikan, karena mesin tidak akan punya hal yang membuat manusia rentan, memadai, emosional dan manusiawi.

Ide membuatnya tidak hanya menciptakan mesin berdarah dingin namun juga membuat semanusiawi mungkin. Ada banyak film dan acara TV yang mengeksplorasi saat teknologi melenceng dari jalannya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gali Talenta Digital RI, BRI Hadirkan BRIBRAIN Academy


(luc/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading