Telegram Punya Fitur Premium Rp 74 Ribu, Dapat Apa Saja?

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
20 June 2022 12:10
REFILE - CLARIFYING CAPTION Silhouettes of mobile users are seen next to a screen projection of Telegram logo in this picture illustration taken March 28, 2018.  REUTERS/Dado Ruvic/Illustration Foto: REUTERS/Dado Ruvic

Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah diperkenalkan awal bulan ini, Telegram resmi meluncurkan layanan berbayarnya yang diberi nama "Telegram Premium".

Layanan berbayar ini memberi pengguna akses ke fitur tambahan dengan membayar biaya US$ 4,99 (sekitar Rp 74 ribu) per bulan.

Menurut fitur yang diuraikan dalam posting di blog Telegram, dengan layanan premium ini pengguna dapat mengunduh file yang jauh lebih cepat dan ukuran unggah file maksimum yang lebih besar yakni 4GB, dibanding versi standar yang hanya 2GB. Pelanggan premium juga akan mendapatkan dua kali lipat batas yang dikenakan pada pengguna standar.

Beberapa fasilitas lain di Telegram Premium, termasuk akses ke koleksi stiker Premium dengan animasi layar penuh yang lebih hidup, reaksi emoji eksklusif, dan gambar profil animasi.

Dengan berlangganan Telegram Premium, pengguna dapat menikmati fitur baru yang memungkinkan untuk mengonversi pesan suara (voice message) menjadi pesan teks. Fitur transkrip ini sangat berguna ketika pengguna menerima voice message, namun sedang tidak membawa earphone untuk mendengarkannya

Fitur berlangganan Premium juga akan terbebas dari iklan. Pada langganan berbayar, tidak ada lagi iklan di saluran publik, demikian dikutip dari The Verge, Senin (20/6/2022).

Alih-alih bergabung dengan hingga 500 saluran, pelanggan hanya dibatasi hingga 1.000 saluran. Hal yang sama berlaku untuk fitur lain di Telegram, pelanggan dapat membuat 20 folder obrolan dengan masing-masing 200 obrolan, menyimpan hingga 10 stiker, menyematkan hingga 10 obrolan, dan menambahkan total empat akun ke Telegram.

CEO Telegram Pavel Durov menyatakan bahwa fitur gratis akan tetap gratis dan fitur premium tidak akan memengaruhi pengalaman Telegram bagi para non-pelanggan.

Durov juga berjanji bahwa Telegram juga tidak akan berhenti mengembangkan fitur untuk pengguna gratis, yang tampaknya diikuti oleh platform sejauh ini. Pembaruan Telegram terbaru menampilkan lencana terverifikasi dalam obrolan, tidak hanya di profil, hasil pencarian, atau daftar obrolan.

Selain itu juga memberi grup publik kemampuan untuk mengaktifkan permintaan bergabung, dan menambahkan beberapa peningkatan khusus platform.

Meskipun demikian, Telegram Premium hadir dengan banyak fitur, banyak di antaranya mungkin akan menarik bagi pengguna Telegram yang paling aktif yang kini jumlahnya mencapai 700 juta pengguna.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Amankah Pakai Telegram? Ini Penjelasannya


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading