Inovasi Baru Microsoft, Main Game Xbox Cukup Modal Smart TV

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
10 June 2022 10:10
Phil Spencer, Kepala Game Microsoft dan Xbox

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemain Xbox tak perlu lagi membeli konsol untuk bermain gim, sebab Microsoft akan menghadirkan beberapa gim Xbox ke Smart TV Samsung 2022 mulai 30 Juni mendatang.

Reuters melaporkan pelanggan layanan cloud-gaming Xbox bisa memainkan lebih dari 100 judul di TV tersebut. Mereka dapat memasangkannya dengan pengontrol berkemampuan Bluetooth.

XBOX by Gucci (Ist Gucci)Foto: XBOX by Gucci (Ist Gucci)
XBOX by Gucci (Ist Gucci)

Beberapa judul yang akan hadir dalam Smart TV Samsung nanti seperti Halo Infinite dan Forza Horizon 5, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (10/6/2022).


Aplikasi akan tersedia untuk 27 negara pada mulai 30 Juni mendatang. Selain Samsung, Microsoft juga akan memperluas kemampuan serupa pada produsen lainnya.

Sebenarnya Xbox telah bekerja dengan pabrikan TV besar pada tahun 2021 lalu. Langkah ini bertujuan sebagai upaya membawa gimnya ke seluruh perangkat serta meningkatkan penawaran berbasis langganan atau dikenal sebagai Xbox Game Pass.

Selain itu juga telah meluncurkan streaming game pada smartphone Android tahun 2018 lalu.

Setahun lalu, Microsoft menyatakan divisi Xbox sedang mengembangkan perangkat streaming untuk game cloud. Gamer tidak akan diharuskan untuk terhubung dengan perangkat khusus ke TV Samsung.

Kepada CNBC Internasional, juru bicara Microsoft saat itu mengatakan pihaknya membuat keputusan untuk beralih. Perusahaan berupaya untuk melakukan pendekatan baru dan mengusahakan Xbox Cloud Gaming pada lebih banyak pemain di masa depan.

"Kami akan mengambil pembelajaran kami dan berfokus kembali pada upaya kami pada pendekatan baru yang akan memungkinkan untuk memberikan Xbox Cloud Gaming ke lebih banyak pemain di seluruh dunia di masa depan," jelas juru bicara perusahaan.

Game memang jadi kategori produk utama terbesar keempat Microsoft dan ingin menarik lebih banyak pengguna ke Game Pass. Sementara itu bisnis perangkat keras perusahaan melonjak tahun 2020 setelah Xbox series X dan S diluncurkan.

Namun sayang Microsoft harus menghadapi masalah pasokan komponen dan lockdown di China. Hal tersebut membuat Microsoft kesulitan memproduksi konsol baru.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Putin Serang Ukraina, Krisis Konsol Game Landa Rusia?


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading